Mother&Baby Indonesia
6 Penyebab Vagina Sering Gatal saat Hamil dan Solusinya

6 Penyebab Vagina Sering Gatal saat Hamil dan Solusinya

Berbagai keluhan kehamilan memang sering dirasakan di segala trimester ya, Moms. Salah satu keluhan kehamilan yang ternyata cukup sering dialami para bumil adalah vagina terasa gatal. Penyebabnya cukup beragam, Moms, mulai dari perubahan hormon kehamilan, hingga kulit bumil yang lebih sensitif pada produk tertentu.

Apa lagi yang menyebabkan vagina terasa gatal saat hamil? Dilansir dari Healthline Parenthood, yuk simak beberapa hal di bawah ini.

1. Bacterial Vaginosis

Ini bisa terjadi ketika bakteri baik dan jahat di vagina berubah, beberapa gejalanya adalah keluar cairan bening agak abu-abu, gatal, ada sensasi terbakar, merah, berbau tak sedap terutama setelah berhubungan intim. BV lebih umum terjadi pada wanita yang aktif secara seksual, baik yang tidak hamil maupun hamil.



2. Infeksi Jamur

Selain bakteri, vagina juga mungkin memiliki jamur. Perubahan hormon saat hamil juga bisa mengubah pH seimbang di vagina Anda, yang berakibat jamur berkembang menjadi berlipat ganda. Salah satu cirinya adalah vagina mengeluarkan cairan dengan tekstur agak tebal dan berwarna putih.

3. Peningkatan Cairan Vagina

Banyak cairan vagina dan lendir leher rahim yang keluar bisa meningkat saat Anda hamil. Perubahan ini disebabkan oleh hormon-hormon kehamilan yang melunakkan leher rahim dan dinding vagina. Nah, cairan vagina yang berlebih ini juga bisa membuat kulit iritasi dan membuatnya merah juga gatal.

4. Vagina Kering

Hormon kehamilan bisa membuat vagina Anda menjadi lebih kering dibandingkan biasanya. Cirinya adalah vagina merah, iritasi, dan nyeri saat berhubungan intim. 

5. Sensitif pada Suatu Produk

Saat hamil, aliran darah di sekitar vagina menjadi lebih deras, ini bisa membuat kulit vagina meregang dan lebih sensitif dibandingkan sebelum hamil. Nah, penggunaan beberapa produk yang potensial mengandung iritan bisa membuat vagina gatal saat hamil.

Beberapa produk yang bisa membuat vagina gatal saat hamil misalnya detergen, sabun mandi, dan bubble bath



6. Infeksi Saluran Kemih

Seperti yang moms ketahui, ibu hamil memang cukup rentan mengalami infeksi saluran kemih atau sering disingkat menjadi ISK. Salah satu penyebab ISK adalah grup B strep bacteria (GBS), dan ini bisa menyebabkan vagina terasa tidak nyaman dan gatal.

Tips Meredakan Gatal pada Vagina

• Moms bisa berendam di air yang dicampur sedikit baking soda, atau gunakan air baking soda untuk mengompres area yang gatal.

• Berendam di air dingin atau kompres dingin area yang gatal bisa membantu.

• Kurangi penggunaan produk yang meningkatkan risiko gatal, seperti yang mengandung pewangi, pewarna, dan pengawet. Pilih produk hypoallergenic yang aman untuk bumil.

• Jika penyebab gatal adalah ISK, maka dokter mungkin akan memberikan antibiotik dengan jenis dan dosis yang aman untuk kehamilan.

• Jika gatal sangat mengganggu, segera ke dokter untuk diberikan krim antigatal kortikosteroid. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: vagina,   ibu hamil,   kehamilan,   gatal,   kandungan,   hormon,   kulit










Cover April 2020