Mother&Baby Indonesia
8 Hal yang Meningkatkan Kesempatan Hamil Kembar

8 Hal yang Meningkatkan Kesempatan Hamil Kembar

Memiliki anak kembar memang menjadi harapan banyak pasangan. Mengira kehamilan kembar hanya didapatkan oleh mereka yang beruntung? Ternyata tidak begitu faktanya, Moms. Menurut Very Well Family, ada beberapa hal yang meningkatkan kesempatan seseorang untuk hamil kembar. Mau tahu? Read on!

1. Usia

Percaya tak percaya, ternyata wanita di atas 30 tahun lebih berkesempatan mendapatkan kehamilan kembar lho, Moms. Ini karena hormon FSH meningkat pada wanita yang sudah berusia di atas 30 tahun. FSH adalah follicle stimulating hormone, yang bertugas menjaga perkembangan telur di ovarium sebelum dilepaskan saat masa subur.

Semakin berumur seorang wanita, maka kadar FSH yang ada juga semakin tinggi. Itulah yang menyebabkan sel telur kadang bereaksi berlebihan, sehingga melepaskan 2 sel telur secara langsung, dan terjadilah kehamilan kembar.



2. Riwayat Keluarga

Moms memiliki keluarga kembar identik? Jika ya, maka kesempatan Anda hamil kembar pun meningkat dibandingkan dengan mereka yang tidak punya keluarga kembar identik. Riwayat kembar ini harus dari keluarga Anda ya, Moms, bukan keluarga suami.

3. Berat Badan

Aneh tapi nyata, wanita yang tergolong obesitas (indeks massa tubuh di atas 30) lebih berpeluang untuk hamil kembar dibanding wanita dengan indeks massa tubuh yang normal. Timbunan lemak meningkatkan kadar estrogen, dan semakin tinggi estrogen, maka stimulasi sel telur pun meningkat. Inilah yang menyebabkan rahim Anda bisa melepaskan lebih dari 1 sel telur saat masa subur.

4. Tinggi Badan

Wanita yang tingginya di atas rata-rata ternyata lebih berkesempatan untuk hamil kembar. Sebuah studi menyebutkan wanita dengan tinggi di atas 164.8 cm lebih berkesempatan hamil kembar dibanding mereka yang memiliki tinggi 161.8 cm.

5. Jumlah Anak

Kehamilan kembar lebih mudah didapatkan pada wanita yang pernah beberapa kali hamil dan memiliki keluarga besar.



6. Ras

African-Americans lebih mudah mendapatkan hamil kembar dibanding wanita Kaukasian. Fakta yang lebih mencengangkannya lagi adalah: Asia merupakan ras yang paling kecil kemungkinan hamil kembarnya dibandingkan dengan ras lain.

7. Ibu Menyusui

Wanita yang hamil saat sedang menyusui anak ternyata lebih mungkin hamil kembar. Walaupun menyusui merupakan ‘alat kontrasepsi’ alami, namun ternyata tak mustahil untuk hamil saat menyusui eksklusif dan bahkan hamil kembar!

8. Suka Minum Susu

Penelitian yang satu ini sebenarnya masih berjalan, namun sudah ada beberapa studi yang menguak fakta bahwa wanita yang sering mengonsumsi produk susu (seperti keju, yoghurt, mentega, dan lain sebagainya), ternyata lebih mudah hamil kembar.

Penyebabnya belum diketahui pasti, namun mungkin hormon pertumbuhan yang diberikan pada sapi memengaruhi kadar hormon manusia. Nah, dari 8 poin ini, kira-kira seberapa besar peluang Anda hamil kembar, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   hamil kembar,   kehamilan,   kandungan,   sel telur,   ovulasi










Cover April 2020