Mother&Baby Indonesia
Manfaat Buah Lontar bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Lontar bagi Ibu Hamil

Moms pernah mendengar tentang buah siwalan? Siwalan atau lontar adalah sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Buah siwalan memiliki tekstur bening yang mirip dengan kolang-kaling. Hanya saja, siwalan punya cita rasa yang lebih manis dan berair sehingga terasa menyegarkan saat dimakan langsung atau tanpa sirup.

Penjual siwalan saat ini memang sudah sangat langka. Akan tetapi, Moms masih bisa membelinya di beberapa daerah dan supermarket tertentu. Berbicara tentang siwalan, tentunya buah yang satu ini memiliki manfaat selain menuntaskan dahaga atau mengganjal perut kala lapar.

Buah ini punya nutrisi yang cukup baik karena mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, kalium, fosfor, zinc, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Mengingat kandungan nutrisinya yang tergolong lengkap, maka buah ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaat buah lontar atau siwalan bagi wanita yang tengah mengandung.



1. Merawat Sistem Pencernaan

Sebagai buah yang mengandung serat, tentunya siwalan bermanfaat dalam merawat kesehatan sistem pencernaan. Seperti Moms ketahui, serat merupakan zat yang memiliki fungsi utama untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat pepti, misalnya, bersama bakteri baik pada usus bertugas untuk membentuk asam lemak rantai pendek yang nantinya akan meregenerasi sel-sel yang ada di dalam usus. Serat ini tentunya sangat berguna bagi ibu hamil yang kerap mengalami konstipasi atau sulit buang air besar saat kandungan memasuki trimester kedua dan ketiga.

2. Mencegah Dehidrasi

Buah lontar mengandung air yang cukup tinggi, yaitu mencapai 90 persen. Itulah alasan mengapa mengonsumsi buah lontar bisa mencegah tubuh agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Bagi ibu hamil, menjaga kecukupan cairan adalah hal yang sangat penting guna membentuk cairan ketuban dan memenuhi aliran darah ke janin. Selain bisa mencegah dehidrasi, air buah lontar berasa manis dan menyegarkan bagi ibu hamil yang kerap merasa mudah lelah.



3. Sumber Energi

Kandungan gula dalam siwalan tergolong sedikit, tapi sudah cukup untuk menjadikan buah yang satu ini sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Siwalan dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina dan elektrolit dari ibu hamil. Jadi Moms tidak akan merasa lemas lagi meski tengah mengandung.

4. Merawat Fungsi Hati dan Ginjal

Selain untuk mencegah dehidrasi, tingginya kadar air pada buah lontar atau siwalan juga membuat buah ini efektif dalam merawat fungsi hati dan ginjal. Perlu diketahui, kedua organ tersebut memiliki peran penting dalam proses pengolahan dan pembuangan limbah atau racun tubuh hasil dari makanan yang dikonsumsi. Nah, kandungan mineral fosfor pada buah lontar inilah yang bertugas untuk mengoptimalkan proses pembuangan tersebut.

5. Meredakan Stres

Rasa khawatir menghadapi proses persalinan atau perubahan status menjadi seorang ibu bisa membuat wanita hamil mengalami stres. Cobalah mengonsumsi buah lontar beserta airnya sehingga merasa segar dan mood Anda akan lebih baik. Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin C dalam buah lontar. Berdasarkan penelitian, vitamin C cukup efektif dalam meningkatkan mood pasien rawat inap. Dan khasiat yang sama tentunya juga berlaku bagi Anda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Dokter Sehat)



Tags: siwalan,   buah lontar,   ibu hamil,   dehidrasi,   sistem pencernaan,   hamil










Cover Mei-Juni-Juli 2020