Mother&Baby Indonesia
Bumil Wajib Tahu! 7 Buah-buahan untuk Cegah Dehidrasi

Bumil Wajib Tahu! 7 Buah-buahan untuk Cegah Dehidrasi

Semasa hamil, tubuh Moms membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan Anda dan janin. Buah-buahan pun menjadi penting untuk dikonsumsi, terutama yang tinggi kandungan airnya agar Moms tak mengalami dehidrasi. 

Apabila ibu hamil mengalami dehidrasi, maka organ-organ tubuh tidak bisa bekerja dengan maksimal dan bisa membahayakan ibu dan janin. Apa saja buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kekurangan cairan dalam tubuh? Cari tahu di sini, Moms.

1. Semangka

Moms tentu sudah tahu bahwa semangka jadi salah satu buah yang mengandung air lebih dari 90 persen. Maka, mengonsumsi semangka segar atau dijadikan jus dan mengonsumsinya setiap hari sangat baik untuk mencegah bumil dehidrasi. Selain kaya air, semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, magnesium, serta antioksidan.



2. Stroberi

Buah lain yang juga tinggi kandungan airnya adalah stroberi, hingga lebih dari 90 persen. Tak hanya itu, stroberi juga memiliki vitamin C, mangan, dan antioksidan yang membantu mencegah dehidrasi serta peradangan dalam tubuh. Moms tentu bisa memakannya langsung, atau dicampurkan pada yoghurt untuk camilan sore hari.

3. Blewah

Blewah memang paling menjadi buah populer saat bulan puasa tiba, sebab rasanya yang manis dan menyegarkan, khususnya jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan air yang tinggi, serta vitamin A dan vitamin C di dalamnya mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi terhadap infeksi.


4. Belimbing



Belimbimg juga bisa menjadi buah pilihan untuk Moms sebagai camilan yang memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Kandungan vitamin dan antioksidannya bisa menjaga kesehatan jantung Anda, khususnya selama hamil.

5. Jeruk

Moms bisa memilih jeruk biasa atau jeruk bali untuk buah yang akan dikonsumsi. Kedua jeruk ini pun kaya akan cairan serta tinggi vitamin C, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah dehidrasi, serta menjaga kestabilan gula dalam darah. Agar tak bosan, Anda bisa memasukkan jeruk ke dalam salad atau menjadikannya jus yang segar.

6. Jambu Air

Buah jambu air juga bisa dikonsumsi ibu hamil untuk mengurangi rasa mual dan muntah akibat dehidrasi. Rasanya yang menyegarkan, juga dilengkapi dengan kandungan vitamin, sehingga dapat membantu membuang racun-racun dalam tubuh.

7. Mentimun

Mendtimun juga termasuk buah yang mampu mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Kadar airnya mencapai 95 persen dan juga mengandung vitamin K, kalium, dan magnesium. Moms bisa mengonsumsinya secara langsung, dijadikan jus, atau sebagai lalapan saat makan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu hamil,   kehamilan,   hamil,   buah,   dehidrasi










Cover April 2020