Mother&Baby Indonesia
Mengenal Buah Zuriat dan Manfaatnya untuk Kehamilan

Mengenal Buah Zuriat dan Manfaatnya untuk Kehamilan

Moms, pernah mendengar tentang buah zuriat? Buah ini dipercaya dapat membantu program kehamilan dan baik untuk kesuburan, lho! Selain itu, zuriat juga telah digunakan sebagai pengobatan selama ribuan tahun oleh penduduk Mekah dan Madinah.

Zuriat yang memiliki nama latin Hyphaene thebaica adalah jenis pohon palem asal Afrika yang tumbuh subur di sepanjang sungai Nil di Mesir dan Sudan. Namun, buah yang disebut dalam Al-Qur’an ini juga banyak dijual di wilayah Arab Saudi.

Zuriat dipercaya mengandung antikanker, antibakteri, dan antioksidan tinggi, serta berkhasiat untuk mengobati darah tinggi, dan penyakit jantung dan saraf. Tak hanya itu, buah ini juga mampu memperkuat dinding rahim wanita sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang  pernah keguguran dan belum punya keturunan. Ini manfaat zuriat untuk kehamilan.



Meningkatkan Kesuburan


Meskipun sering disebut-sebut dapat meningkatkan fertilitas pada pria maupun wanita, nyatanya memang belum ada penelitian valid yang menyatakan bahwa buah zuriat ampuh menyuburkan kandungan. Walaupun begitu, penelitian yang dilakukan di Mesir mengatakan bahwa buah zuriat memiliki kandungan antioksidan. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan kemungkinan baik untuk regenerasi sel reproduksi.

Kandungan antioksidan pada buah zuriat akan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif, di mana senyawa ini dihasilkan secara alami oleh tubuh. Pada saat Anda mengalami stres, tubuh akan menghasilkan kadar oksigen reaktif yang cukup tinggi, ini disebut dengan stres oksidatif.



Stres oksidatif dapat merusak sel-sel, termasuk sel telur (ovum) dan sperma yang penting untuk reproduksi. Mengurangi stres oksidatif dalam tubuh sama artinya dengan meningkatkan kesehatan reproduksi yang dapat memperbesar peluang kehamilan. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat antioksidan seperti buah zuriat, kualitas sel telur pada wanita akan meningkat dan siklus menstruasi Anda akan jadi lebih teratur.

Baik untuk Ibu Hamil

Buah zuriat memiliki sifat antibakteri, ini berarti konsumsi buah jenis ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi yang rentan dialami oleh ibu hamil. Kandungan antibakteri pada buah zuriat diyakini memiliki manfaat untuk meminimalkan terjadinya infeksi bakteri. Pun demikian jika ibu hamil mengalami luka, konsumsi buah ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan tidak berlanjut menjadi infeksi.

Tak hanya itu, manfaat lain dari konsumsi buah zuriat adalah terkait penguatan rahim juga bisa didapat saat Moms telah hamil. Rahim yang kuat dipercaya bisa membantu menjaga tumbuh kembang janin yang lebih optimal. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: buah zuriat,   kehamilan,   kesuburan,   ibu hamil