Mother&Baby Indonesia
7 Makanan Buka Puasa Terbaik untuk Bumil dan Busui

7 Makanan Buka Puasa Terbaik untuk Bumil dan Busui

Bulan Ramadan telah tiba! Menjadi ibu hamil atau ibu menyusui tak berarti Anda tak bisa menjalankan ibadah puasa. Bila dipersiapkan dengan tepat, misalkan berkonsultasi dahulu dengan dokter serta memastikan kesehatan buah hati, tentu berpuasa terasa makin nikmat selama hamil atau menyusui.

Akan tetapi, selama masa ini juga, asupan nutrisi Anda sangat perlu diperhatikan, Moms. Berpuasa menyebabkan perubahan pola makan dan hal ini tentu dapat berpengaruh pada kecukupan gizi Anda dan Si Kecil. Maka dari itu, mengoptimalkan asupan nutrisi saat iftar sangatlah penting. M&B sudah merangkum beberapa makanan buka puasa terbaik untuk ibu hamil dan menyusui. Simak berikut ini ya, Moms!

1. Kurma




Tradisi Nabi untuk berbuka puasa dengan kurma merupakan salah satu cara yang patut dicontoh, Moms, tidak lain karena kurma merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi. Setelah hampir seharian berpuasa, kadar gula darah akan cenderung turun drastis. Bila gula darah terlalu rendah, maka distribusi oksigen dapat tidak lancar. Bila tidak segera dikembalikan, pingsan atau bahkan perkembangan janin dapat terganggu. Kandungan gula yang tinggi dalam kurma dapat membantu tubuh mendapatkan kembali kadar gula darah yang normal.

2. Nasi Merah


Walau berpuasa, menjaga pola makan sehat seimbang tetap perlu dilakukan. Alangkah baiknya jika Moms menyantap makanan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, seperti nasi merah. Nasi merah termasuk karbohidrat kompleks dan mengandung banyak serat, sehingga lebih lama dicerna tubuh dan membuat sistem pencernaan lebih sehat setelah berpuasa selama beberapa jam. Selain itu, asupan karbohidrat yang tepat juga dapat membantu mencegah konstipasi.

3. Buah-buahan


Buah-buahan adalah salah satu sumber gula alami yang baik bagi tubuh, sehingga dapat membantu mengembalikan kadar gula darah menjadi normal. Selain itu, buah juga mengandung cukup vitamin, mineral, antioksidan, dan serat bagi ibu hamil dan menyusui. Segarkan tubuh saat berbuka dengan menyantap buah apel atau raspberry dapat menjadi pilihan tepat.

4. Susu




Minum susu saat berbuka juga dapat membantu mencukupkan kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui selama puasa. Susu mengandung lemak baik dan protein yang sangat diperlukan untuk perkembangan janin dan produksi ASI. Mulai dari perkembangan otak hingga tulang belakang, Si Kecil sangat membutuhkan kedua hal ini. Kandungan kalsium yang melimpah pada susu juga dapat membantu proses pembentukan dan pertumbuhan tulangnya.

5. Sayuran Hijau


Hampir segala hal baik yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dikandung oleh sayur-mayur, Moms. Vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan protein dimiliki oleh hampir seluruh sayuran hijau, seperti bayam maupun kale. Asam folat, zat besi, dan zinc sangat diperlukan untuk perkembangan organ-organ vital janin, termasuk otak. Serat yang dikandung oleh sayur-mayur juga sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan Anda, Moms.

6. Ikan


Ikan, khususnya ikan laut dalam seperti salmon dan tuna, merupakan salah satu sumber protein terbaik bagi Anda dan Si Kecil. Protein sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kelancaran metabolisme dan sumber tenaga bagi tubuh, baik tubuh Anda maupun Si Kecil. Kaya akan berbagai lemak baik, khususnya asam lemak omega-3, ikan sangat baik bagi perkembangan otak dan perkembangan tubuh Si Kecil secara keseluruhan.

7. Daging Merah


Penting untuk melengkapi variasi makanan Anda selama berpuasa, Moms. Maka dari itu, memasukkan daging sapi ke dalam menu berbuka Anda tentu pilihan tepat. Daging sapi menyediakan cukup serat, vitamin, mineral, dan protein untuk tubuh Anda selama puasa. Zat besi dan zinc yang dikandung oleh daging sapi membantu produksi sel darah merah, sehingga dapat mencegah Anda dari anemia dan menjaga kelancaran perkembangan janin. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu hamil,   ibu menyusui,   nutrisi,   makanan,   puasa,   buka puasa










Cover Mei-Juni-Juli 2020