Mother&Baby Indonesia
10 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Janin

10 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Janin

Makan makanan sehat saat hamil? Penting banget dong, Moms! Tak hanya agar bumil sehat selalu, tetapi juga untuk menunjang tumbuh kembang janin. Salah satu sumber nutrisi yang baik dikonsumsi saat hamil adalah bit.

Sebenarnya bit tergolong tanaman umbi-umbian, namun bentuk dan rasanya yang agak manis membuat orang sering salah kaprah dan menyebutnya buah bit. Ah, apa pun sebutannya, si merah pekat ini punya banyak manfaat untuk Anda dan Si Kecil di dalam perut, lho. Melansir Mom Junction, mari ketahui manfaat bit untuk Anda, Moms.

1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Para hortikulturis The University of Wisconsin-Madison menemukan fakta bahwa bit termasuk salah satu makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi. Itu sebabnya mengonsumsi buah bit saat hamil bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan mengurangi risiko terlahir cacat, seperti spina bifida.



2. Meningkatkan Imunitas

Buku Superfood for Pregnancy karya Sussannah Marriott menyebutkan buah bit dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjadi ‘bahan bakar’ pembuatan imunitas tubuh.

Seperti yang Anda ketahui, ibu hamil mungkin lebih rentan sakit, maka mengonsumsi buah bit bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah Anda dari infeksi.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Buah bit tergolong makanan dengan kandungan silica yang tinggi, ini membuat tubuh bisa mengoptimalkan mineral seperti magnesium dan copper. Buah bit juga kaya akan kalsium lho, Moms, yang tentu tidak hanya efektif memperkuat tulang dan gigi ibu hamil, tetapi juga janin.

4. Memperbaiki Metabolisme

Metabolisme ibu hamil terganggu? Mengonsumsi bit bisa menjadi obat alami, Moms. Kandungan potasium dalam bit membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh, sehingga metabolisme pun kembali normal.

5. Menjaga Tekanan Darah

Kehamilan bisa membuat seseorang mengalami tekanan darah tinggi yang juga dikenal sebagai pre-eklampsia. Nah, untuk menyeimbangkannya, buah bit bisa menjadi solusi alami yang aman bagi ibu hamil dan janin.



6. Mencegah Anemia

Sudah bukan rahasia lagi, bit memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Ini efektif untuk meningkatkan hemoglobin di tubuh ibu hamil, yang bisa mencegahnya mengalami anemia kekurangan zat besi.

7. Melancarkan Pencernaan

Ibu hamil sering sembelit atau konstipasi? Makan bit bisa membantu melancarkan pencernaan Anda, karena bit kaya akan kandungan serat yang baik bagi pencernaan.

8. Menyehatkan Hati

Menurut buku Neal’s Yard Remedies Healing Foods, bit memiliki kandungan yang membantu membersihkan hati. Kandungan ini bernama betacyanin yang merupakan bagian dari antioksidan.

9. Membersihkan Darah

Menurut penelitian dari Northern Illinois University, bit memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan darah Anda, dan mencegah janin mengalami penyakit berisiko dan infeksi.

10. Mengatasi Nyeri Sendi

Kandungan betalain dalam bit mampu meredakan nyeri sendi dan mencegah pembengkakan di area sendi. Betalain merupakan senyawa alami yang berfunsi sebagai anti bengkak atau inflamasi. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bit,   beetroot,   kesehatan,   hamil,   ibu hamil,   janin,   buah ibu hamil