Mother&Baby Indonesia
Saat Hamil, Sebaiknya Hindari Pekerjaan Rumah Ini, Moms

Saat Hamil, Sebaiknya Hindari Pekerjaan Rumah Ini, Moms

Sebagaimana diketahui, selama masa kehamilan, terdapat beberapa larangan untuk ibu hamil salah satunya menghindari beberapa pekerjaan rumah. Ini dikarenakan selama masa kehamilan tubuh Anda lebih mudah merasa lelah sekaligus untuk mencegah keguguran. Berikut ini beberapa pekerjaan rumah yang ada baiknya Anda hindari selama masa kehamilan, Moms.

Mengangkat Benda-benda Berat

Pekerjaan rumah yang sebaiknya Anda hindari selama kehamilan adalah mengangkat benda-benda yang berat. Hal ini karena saat hamil Anda sudah memberikan banyak tekanan pada pinggang dan punggung, sehingga memaksakan mengangkat benda-benda yang berat justru dapat mengakibatkan nyeri pada pinggang dan punggung.

Selain itu, memaksakan diri mengangkat benda-benda berat juga dapat meningkatkan risiko pendarahan, air ketuban pecah dini, dan kelahiran prematur. Oleh karena itu, selama masa kehamilan Anda harus menghindari mengangkat benda-benda yang berat.



Berdiri atau Duduk Terlalu Lama

Pekerjaan rumah yang mengharuskan Anda untuk berdiri atau duduk terlalu lama, seperti memasak dan mencuci piring, ada baiknya dihindari selama masa kehamilan. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri punggung. Namun, jika Anda terpaksa harus melakukan pekerjaan rumah tersebut, pastikan Anda mengistirahatkan diri dengan duduk sejenak, barulah kemudian Anda melanjutkan kembali pekerjaan rumah tersebut.

Membersihkan Kotoran Kucing

Apakah Anda memiliki peliharaan kucing di rumah, Moms? Jika ya, ada baiknya untuk menghindari terlebih dahulu aktivitas membersihkan kandang dan kotoran kucing selama masa kehamilan. Mengapa? Karena kotoran kucing biasanya mengandung parasit yang disebut Toxoplasma gondii, yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena toksoplasmosis. Kondisi ini dapat membahayakan kesehatan Anda dan juga janin di dalam kandungan, seperti kelahiran prematur dan kerusakan organ janin.

Membersihkan Kamar Mandi

Pekerjaan rumah lainnya yang harus Anda hindari selama masa kehamilan yaitu membersihkan kamar mandi. Kenapa? Karena biasanya produk-produk pembersih mengandung bahan kimia beracun yang tidak boleh terhirup atau terkena kulit.



Selain itu, saat membersihkan kamar mandi, tidak menutup kemungkinan Anda berisiko terpeleset dan jatuh. Hal ini tentu saja dapat membahayakan keselamatan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari pekerjaan rumah yang satu ini dan mintalah bantuan orang lain untuk mengerjakannya.

Mengharuskan Berdiri di Atas Kursi Atau Pijakan

Pekerjaan rumah yang mengharuskan Anda untuk berdiri di atas kursi atau pijakan seperti membersihkan bagian kaca yang tinggi, mengambil sesuatu di tempat yang tinggi, ada baiknya dihindari selama masa kehamilan.

Memaksakan diri melakukan pekerjaan rumah ini tentu dapat meningkatkan risiko terjatuh, karena Anda harus menjaga keseimbangan tubuh saat melakukannya. Daripada berujung pada hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya hindari melakukan pekerjaan rumah yang satu ini ya, Moms. 

Itulah beberapa pekerjaan rumah tangga yang sebaiknya Anda hindari selama masa kehamilan. Memang, melakukan pekerjaan rumah tangga merupakan kewajiban Anda sebagai seorang istri, namun saat hamil, sebaiknya mintalah bantuan Dads atau orang lain untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   pekerjaan rumah










Cover April 2020