Mother&Baby Indonesia
Alasan Harus Lebih Mencintai Pasangan Dibandingkan Anak

Alasan Harus Lebih Mencintai Pasangan Dibandingkan Anak

Setelah memiliki anak, kebanyakan orang tua rela melakukan segala hal demi Si Kecil, mulai dari menyelesaikan tugas sekolahnya sampai larut malam, menunda waktu meeting di kantor demi menyaksikan penampilan Si Kecil pada pagelaran seni di sekolah, dan hal-hal lainnya. Namun dari semua itu, hal paling aneh yang dilakukan orang tua adalah mencintai anaknya melebihi pasangannya sendiri.

Tak salah memang bila orang tua sangat mencintai dan menjadikan anak sebagai prioritas. Namun Anda dan suami sebagai pasangan juga tetap perlu lho, merawat cinta dan menjaga hubungan baik dengan pasangan Anda. Satu-satunya alasan mengapa hal ini perlu dilakukan oleh setiap pasangan adalah semata-mata demi kebahagiaan Si Kecil.

Hubungan Orang Tua Berpengaruh pada Anak

Melansir laman Time.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang orang tuanya saling mencintai akan jauh lebih bahagia dan merasa aman, dibandingkan dengan anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang tidak harmonis atau tanpa cinta.

Orang tua tak sekadar menjadi model bagi anak untuk tahu bagaimana gambaran dari sebuah hubungan, melainkan juga untuk belajar bagaimana seharusnya ia memperlakukan orang lain atau pasangannya kelak.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ketegangan pada hubungan orang tua sebagai pasangan dapat memengaruhi interaksi mereka dengan anak-anaknya, terutama bagi Dads. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa anak-anak yang orang tuanya sering bertengkar justru menyalahkan dirinya sendiri atas pertengkaran tersebut dan berisiko melakukan hal yang buruk ketika sekolah.

Berdasarkan survei pada tahun 2014 yang dilakukan pada 40.000 keluarga di Inggris, ditemukan bahwa anak remaja merasa sangat bahagia ketika melihat ibunya bahagia dengan hubungannya bersama ayah mereka. Fakta-fakta tersebut tentu sudah cukup memberi gambaran betapa pentingnya Moms dan Dads untuk saling mencintai dan mengutamakan pasangan, karena tak hanya demi kepentingan Anda berdua, namun demi kebahagian anak-anak Anda.

Mengutip laman Fatherly.com, kebanyakan psikolog dan pakar hubungan juga setuju bahwa tanpa pernikahan yang kuat dan lingkungan rumah yang penuh cinta, anak-anak tidak akan berkembang. Jadi Moms atau Dads bisa merugikan mereka saat Anda tidak mengutamakan pasangan Anda, sehingga terburuknya bisa menyebabkan masalah perkawinan, bahkan perceraian.

Bagaimana Cara Mengutamakan Pasangan Dibandingkan Anak?

Menurut Linda Bloom dan Charlie Bloom, pasangan suami istri sekaligus terapis pernikahan dan keluarga asal Amerika Serikat, ada beberapa cara yang dilakukan seseorang agar bisa mengutamakan pasangannya, seperti:

• Berusahalah untuk selalu meluangkan waktu untuk pasangan, misalnya dengan melakukan kencan malam saat akhir pekan atau liburan romantis berdua.

• Selalu menghargai dan bersyukur atas pasangan Anda.

• Usahakan untuk selalu berdiskusi dan satu suara ketika berbicara soal batasan yang akan Anda berdua terapkan di rumah pada anak, misalnya seberapa sering Si Kecil boleh tidur bersama Anda dan pasangan.

• Jangan lupa untuk menjaga keintiman Anda berdua. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   suami istri,   mencintai pasangan,   pernikahan










Cover Mei-Juni-Juli 2020