Mother&Baby Indonesia
Manfaat Bercinta pada Malam Hari yang Harus Anda Tahu

Manfaat Bercinta pada Malam Hari yang Harus Anda Tahu

Moms, kapan waktu favorit Anda untuk bermesraan dengan pasangan? Malam hari atau justru pagi hari?

Faktanya, sebagian besar orang memilih untuk bermesraan atau bercinta pada malam hari. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam situs Psychologytoday, lebih dari 50 persen pasangan melakukan hubungan seks pada malam hari antara pukul 22.00 hingga 02.00 dini hari atau lebih tepatnya menjelang waktu tidur.

Kondisi ini terjadi bukan tanpa alasan. Banyak penyebab yang membuat pasangan memilih untuk berhubungan seks pada malam hari, antara lain:

1. Lebih Santai

Berhubungan seks pada malam hari relatif lebih santai atau tidak perlu dilakukan secara terburu-buru, seperti halnya seks di pagi hari. Pada malam hari ketika semua pekerjaan telah selesai, Anda dan pasangan terbebas dari segala beban pikiran sehingga bisa rileks dan fokus bermesraan.

Waktu yang dimiliki saat bercinta pada malam hari juga lebih panjang sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mengeksplorasi titik-titik rangsangan sehingga hubungan seks bisa dilakukan dengan maksimal.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Bercinta pada malam hari sebelum tidur bisa membuat Anda dan pasangan menjauh dari gadget. Seperti kita ketahui, penggunaan gadget bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Sebaliknya, bercinta memiliki fungsi yang mampu meningkatkan kualitas tidur.

Namun perlu diketahui, efek bercinta bagi pria dan wanita sesungguhnya berbeda. “Pada wanita, kadar estrogen akan meningkat setelah berhubungan seks. Hal ini dapat meningkatkan siklus REM wanita yang membuat tidur lebih nyenyak,” jelas Rachel Needle, co-director Modern Sex Therapy Institutes.

“Sementara itu bagi pria, hormon prolaktin dikeluarkan setelah orgasme dan akan meningkatkan rasa ngantuk,” lanjut Needle. Bagi orang yang sering mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur pada malam hari, berhubungan seks bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Meningkatkan Bonding

Satu hal yang bisa Anda lakukan setelah bercinta pada malam hari adalah berpelukan. Ya, Anda dan pasangan bisa berbincang santai sejenak sambil berpelukan sebelum benar-benar tertidur. Hal semacam ini tentunya sulit untuk dilakukan apabila Anda memilih bercinta pada pagi hari yang cenderung serba terburu-buru. Sebagai catatan, berpelukan sambil mengungkapkan isi hati atau sekadar mengucapkan kata-kata mesra bisa meningkatkan bonding Anda dengan pasangan.

4. Memperbesar Peluang Terjadinya Pembuahan

Bagi pasangan yang sedang menjalani program untuk mendapatkan buah hati, maka pilihlah waktu malam hari untuk berhubungan seks. Biasanya, pasangan yang bercinta pada malam hari akan memiliki waktu untuk bersantai sejenak sambil tiduran. Jika dilakukan setelah bercinta, posisi ini diyakini mampu memperbesar peluang terjadinya pembuahan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: bercinta,   berhubungan seks,   estrogen,   prolaktin










Cover April 2020