Mother&Baby Indonesia
5 Penyakit yang Sering Dialami Anak ketika Berpuasa

5 Penyakit yang Sering Dialami Anak ketika Berpuasa

Moms, apakah anak Anda ikutan puasa tahun ini? Mudah-mudahan Si Kecil selalu tetap dalam keadaan sehat, sehingga ia bisa terus berpuasa hingga akhir Ramadan nanti. Untuk itu, perhatikan selalu kondisi kesehatan anak selama berpuasa ya, Moms.

Ya, selama berpuasa, ancaman penyakit yang berisiko dialami anak cukup beragam. Penyakit ini umumnya menyerang sistem kekebalan saat Si Kecil melaksanakan ibadah puasa Ramadan, karena menurunnya daya tahan Si Kecil dan kebutuhan nutrisi yang berkurang.

Baca juga: Tips Mengatur Pola Makan Anak saat Berpuasa



Karena itu, penting bagi Moms untuk menjaga kesehatan anak dan memenuhi asupan nutrisinya agar ia selalu dalam kondisi fit meskipun berpuasa. Berbicara soal penyakit, memang apa saja sih, penyakit yang sering menyerang anak saat bulan puasa ini? Berikut penyakit yang umum dialami Si Kecil ketika berpuasa.

1. Sakit Kepala atau Pusing

Sakit kepala atau merasa pusing merupakan salah satu penyakit yang sering dialami ketika kita berpuasa, tak hanya orang dewasa, anak kecil pun juga bisa mengalaminya. Meskipun sebenarnya faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, umumnya sakit kepala atau pusing terjadi karena tubuh yang mengalami dehidrasi, kurangnya waktu tidur, dan lelah karena aktivitas.

Untuk itu, Moms sebaiknya penuhi kebutuhan cairan tubuh anak dengan cukup minum saat sahur, berbuka, dan makan malam. Selain itu, perhatikan juga kebutuhan tidur Si Kecil, misalnya dengan memintanya beristirahat atau tidur siang sejenak setelah salat Zuhur.

2. Mual dan Muntah

Mual juga termasuk salah satu penyakit langganan yang kerap menyerang saat puasa. Biasanya, gangguan ini muncul bersamaan dengan penyakit lainnya, seperti dehidrasi ataupun asam lambung sedang naik. Salah satu penyebab Si Kecil mengalami mual dan muntah adalah pola istirahat yang berkurang, karena ia harus bangun untuk sahur, sedangkan siang hari tidak dimanfaatkan untuk tidur siang menggantikan kekurangan tidur pada malam hari.



3. Radang Tenggorokan

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sering mengalami radang tenggorokan saat berpuasa. Penyebabnya, kurangnya asupan air putih ketika sahur, berbuka, dan makan malam, pola makan yang buruk, seperti mengonsumsi gorengan dan kurang buah maupun sayur, serta kurangnya waktu istirahat.

4. Diare

Ini juga penyakit yang umum menyerang anak-anak di bulan puasa. Diare biasanya disebabkan oleh pilihan makanan yang salah saat berbuka maupun saat sahur. Makanan pedas yang dikonsumsi saat buka puasa atau sahur bisa menjadi penyebab diare, apalagi jika Si Kecil mengonsumsi makanan yang dibeli di pinggir jalan yang kebersihannya kurang terjamin.

Untuk itu, selalu perhatikan kualitas dan kebersihan makanan yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil ya, Moms, agar tidak terserang diare. Usahakan juga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun untuk menjaga kebersihan tangan kita.

5. Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar juga menjadi kendala yang sering dialami anak saat puasa. Penyakit ini umum terjadi saat kita puasa karena tubuh banyak menyaring makanan, namun kurang asupan minum serta kurang konsumsi serat. Untuk mengatasinya, cobalah ajak anak saat berbuka dan sahur untuk memperbanyak makan-makanan yang tinggi serat, seperti sayuran dan buah serta banyak minum air putih. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   penyakit anak,   puasa,   ramadan