Mother&Baby Indonesia
Ini 7 Trik Hadapi Balita yang Tidak Suka Mandi!

Ini 7 Trik Hadapi Balita yang Tidak Suka Mandi!

Merawat balita memang tak mudah ya, Moms. Salah satu tantangan yang sering dialami bersama balita adalah ketika ia tak mau mandi. Namun bila hal ini dituruti, tentu saja Si Kecil akan kotor dan riskan terkena penyakit. Lalu bagaimana cara menghadapinya? Simak rangkuman trik berikut, Moms!

1. Busa, busa, dan busa!

Tak hanya balita, orang dewasa pun suka busa! Maka dari itu, mandi dengan busa melimpah akan menjadikan momen mandi Si Kecil terasa lebih menyenangkan. Trik mandi busa merupakan godaan yang tak akan bisa ditahan oleh Si Kecil. Jadi, coba buat momen mandi seperti sedang pesta busa, Moms!

2. Ubah jadwal mandi

Rutinitas memang merupakan hal penting dalam proses perkembangan Si Kecil, mulai dari jadwal makan hingga tidur sangat diperlukan untuk proses pembelajarannya. Tapi sebenarnya tidak apa-apa untuk sedikit fleksibel tentang jadwal mandi Si Kecil bila ia tak mau mandi.



Jika ia selalu rewel bila dimandikan sebelum tidur, coba ajak Si Kecil mandi di pagi hari atau siang setelah makan. Selain itu, persingkat durasi mandi karena seringkali durasi mandi yang terlalu lama menyebabkan Si Kecil kedinginan dan ogah mandi.

3. Mandi bersama mainan

Hampir tidak ada balita yang tidak suka mainan. Jadi, Anda bisa tambahkan mainan tertentu sebagai peralatan mandi Si Kecil. Ciptakan momen spesial yang hanya didapat saat mandi bersama mainan tersebut agar momen mandi berkesan bagi Si Kecil. Selain itu, Moms juga bisa ajak mainan kesayangan Si Kecil untuk menemaninya mandi.

4. Gunakan waslap

Salah satu hal yang menyebabkan balita tidak suka mandi adalah karena ia tak suka matanya kelilipan oleh air dan sabun. Untuk mengatasinya, Moms mungkin bisa gunakan waslap atau handuk basah untuk membersihkan wajah dan rambutnya, dibandingkan dengan membilas wajahnya dengan air. Selain itu Anda juga bisa gunakan pelindung mata khusus balita atau bath visor untuk menjaga matanya selama mandi.



5. Persiapkan sebelumnya

Bila mandi merupakan salah satu hal yang bikin Si Kecil trauma, maka siapkan Si Kecil 10 hingga 15 menit sebelumnya. Dilansir dari Kinacle, Anda perlu mengetahui alasan ia tak mau mandi, Moms. Bila ia benar-benar takut mandi, maka persiapkan ia dengan mengatakan bahwa Anda akan bersamanya saat mandi sehingga tak ada yang perlu ditakutkan.

6. Mandi bersama

Mandi bersama Si Kecil tentu dapat membantunya merasa aman dan nyaman. Teman mandi juga dapat menjadikan momen mandi semakin menyenangkan, karena Si Kecil bisa berbagi pengalaman mandinya dengan orang lain. Hal ini bisa menjadi distraksi yang tepat agar Si Kecil mau mandi. Jadwalkan Anda dan Dads untuk mandi dengan Si Kecil secara bergantian ya, Moms.

7. Alternatif sementara

Bila Si Kecil benar-benar tidak mau mandi, mungkin Anda harus cari alternatif lain untuk membersihkan Si Kecil. Gunakan handuk hangat basah atau spons sebagai alternatif. Biarkan cara mandi ini berlangsung beberapa hari. Kemudian pancing inisiatifnya untuk kembali mandi dengan menggunakan mainan atau busa yang melimpah. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   anak malas mandi,   anak tidak suka mandi










Cover April 2020