Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Anak Playdate saat Pandemi Virus Corona?

Bolehkah Anak Playdate saat Pandemi Virus Corona?

Di tengah pandemi virus corona ini, pemerintah memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Artinya, semua orang diminta untuk melakukan karantina mandiri #DiRumahAja dan menghindari kerumunan publik.

Demi memutus rantai penyebaran virus corona, tak hanya sekolah yang ditutup, perpustakaan, tempat hiburan, dan mal pun ikut ditutup. Ya, di masa ini Moms diminta ekstra kreatif untuk mengedukasi sekaligus menghibur anak agar tak bosan di rumah saja.

Lalu, bagaimana dengan playdate di tengah pandemi? Bolehkah Si Kecil playdate dengan teman-teman sebayanya? Untuk menjawabnya, simak penjelasan di bawah ini ya, Moms.



Tidak Disarankan Melakukan Playdate


Moms perlu tahu alasan ditutupnya sekolah dan pusat keramaian lainnya, yaitu untuk menerapkan physical distancing atau pemberian jarak fisik 1-2 meter dengan orang lain. Walaupun sangat jarang anak yang terinfeksi virus corona, namun physical distancing tetap penting untuk diterapkan.

Dengan alasan kuat ini, maka para pakar tidak menyarankan playdate, walaupun hanya dilakukan dengan 1 orang teman. Coba bayangkan anak usia balita bertemu dengan temannya, pasti mereka akan saling berpelukan dan bermain berdekatan. Anda tidak mungkin meminta balita untuk menjaga jarak aman 1-2 meter dengan sahabatnya, kan? Karena yang anak tahu hanya bergembira bersama.

Ingat, musuh yang kita perangi saat ini tidak kasat mata, maka sangat penting untuk menghindari kumpul-kumpul dengan orang lain, karena yang terlihat sehat belum tentu aman dari virus corona lho, Moms.



Bolehkah ke Taman Bermain?


Menurut Purva Grover, MD, Medical Director Cleveland Children’s Pediatric Emergency Departments, “Tidak masalah jika anak ingin bermain ke luar rumah untuk membakar energi, tetapi orang tua harus membiasakan Si Kecil rutin mencuci tangan, terutama jika mereka ke taman dengan berbagai permainan (seperti perosotan, jungkat-jungkit, patung binatang besar) yang mungkin mereka sentuh.”

Permainan di taman bermain biasanya terbuat dari besi, plastik, dan banyak permukaan keras lainnya, maka risiko itu semua terkontaminasi virus corona sangat besar. Seperti yang Moms ketahui, virus corona bisa menetap di permukaan selama berjam-jam bahkan berhari-hari, lho.

Menurut World Health Organization (WHO), penelitian telah menunjukkan bahwa virus penyebab COVID-19 bisa bertahan hingga 72 jam (3 hari) di permukaan plastik dan stainless steel, kurang dari 4 jam di permukaan tembaga, serta kurang dari 24 jam (1 hari) di permukaan kardus.

Yuk, bersama-sama putuskan rantai penyebaran virus corona dengan di rumah saja, physical distancing, menghindari keramaian, dan rutin mencuci tangan. Stay healthy, stay safe! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   playdate,   pandemi,   virus corona,   covid-19










Cover April 2020