Mother&Baby Indonesia
Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Perayaan Hari Raya Idul Fitri merupakan momen paling dinanti bagi umat muslim. Untuk merayakannya, banyak hidangan enak disajikan mulai dari kue kering seperti nastar hingga ketupat dan opor ayam. Tradisi ini juga dilakukan di berbagai negara, namun tentu dengan hidangan yang berbeda yang tak kalah enaknya, Moms! Penasaran apa saja hidangan tersebut? berikut ini daftarnya!

Baklava (Turki)


Bagi masyarakat muslim di Turki, camilan baklava menjadi salah satu makanan khas ketika Idul Fitri tiba. Baklava adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat bekas kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah atau Ottoman Turki.



Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis. Baklava memiliki tekstur berlapis-lapis dengan berbagai isian seperti potongan kacang dengan guyuran sirup dan madu di atasnya.

Bolani (Afghanistan)

Muslim di Afghanistan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan masakan khas bernama Bolani. Hidangan Bolani merupakan roti pipih dari Afghanistan, dipanggang atau digoreng dengan isian sayur. Roti ini memiliki kerak tipis dan dapat diisi dengan berbagai bahan, seperti kentang, lentil, labu, atau daun bawang. Makanan ini dapat disajikan dengan yoghurt biasa atau yoghurt mint.

Sheer Kurma (Pakistan)




Sheer Kurma adalah hidangan khas Idul Fitri yang disajikan di Pakistan, Afghanistan, dan daerah sekitarnya di Asia Tengah. Makanan ini berupa puding susu dengan kurma dan bihun. Bihun yang biasanya diolah menjadi masakan asin dan gurih di Indonesia dijadikan bahan untuk membuat makanan penutup yang manis dalam Sheer Kurma.

Kahk (Mesir)


Di negara Mesir, ketika lebaran tiba, salah satu makanan khas yang selalu disajikan adalah kahk. Ini adalah kue kering yang dibuat dengan isian kacang di dalamnya serta taburan gula halus di bagian luarnya. Karena mirip dengan biskuit, kue ini akan lebih nikmat bila dinikmati bersama teh. Selain itu, kue kering ini juga mengandung protein dan karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Kari Chotpoti (Bangladesh)

Bangladesh juga memiliki makanan khas Lebaran yang enggak kalah enak dari negara lainnya lho, Moms! salah satunya Kari Chotpoti. Makanan yang satu ini terbuat dari kari yang isinya terdiri dari kacang polong, kentang, dan telur. Rasanya pedas dan gurih. Masakan ini begitu disukai masyarakat Bangladesh karena kaya akan protein dan rendah kalori. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   lebaran










Cover Mei-Juni-Juli 2020