Mother&Baby Indonesia
Tidak Mudik, Ini 5 Ide Lebaran #DiRumahAja saat Pandemi

Tidak Mudik, Ini 5 Ide Lebaran #DiRumahAja saat Pandemi

Apa tradisi perayaan Lebaran Anda, Moms? Bersilaturahmi ke rumah saudara atau bahkan mudik ke kampung halaman merupakan tradisi perayaan Lebaran bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tapi sayangnya di tengah pandemi COVID-19, pemerintah merekomendasikan untuk tidak mudik saat Lebaran guna mengurangi risiko penyebaran penyakit ini.

Tapi tidak usah khawatir Moms, karena merayakan Lebaran di rumah juga bisa sama menyenangkannya seperti saat menghabiskan waktu di kampung halaman. Simak beberapa ide Lebaran seru di rumah berikut ini, Moms!

1. Silaturahmi Virtual

Silaturahmi merupakan salah satu hal esensial saat Lebaran. Walaupun tak bisa mengunjungi rumah saudara atau keluarga di kampung halaman, jangan sampai jarak memutus tali silaturahmi. Tentukan jam atau hari untuk melakukan video call bersama seluruh sanak saudara, Moms. Dijamin, Idul Fitri tetap terasa hangat walau tak bisa berkumpul secara fisik dengan keluarga besar.



2. Memasak dan Menyantap Hidangan Khas Lebaran

Tingkatkan euforia perayaan Lebaran di rumah dengan menghidangkan berbagai makanan dan minuman khas lebaran di rumah, Moms. Ketupat, opor ayam, sambal goreng hati, rendang, gulai nangka, semur, hingga rempeyek, tentunya sangat disayangkan bila terlewat, ya. Ajak Si Kecil untuk turut membantu Anda memasak, Moms, karena kegiatan ini menjadi salah satu sarana untuk bonding bersama Si Kecil saat Idul Fitri. Tak hanya makanan berat, berbagai kue kering nan lezat seperti kastengel maupun nastar juga jangan sampai terlupa, ya.

3. Mengenakan Baju Lebaran

Memang Lebaran tak melulu soal baju baru, tapi memakai pakaian yang Anda dan keluarga inginkan dapat meningkatkan mood dan suasana Lebaran walau hanya di rumah saja. Moms bisa gunakan kaftan favorit yang telah Anda simpan sejak beberapa waktu lalu, atau Anda dan keluarga bisa mengenakan pakaian seragam di hari raya. Meskipun tak bisa mengenakannya untuk bersilaturahmi langsung seperti tahun sebelumnya, Moms tetap dapat menggunakannya saat silaturahmi virtual, kok. Momen lebaran kali ini tentu makin terasa spesial.

4. Berbagi dengan Orang Lain

Walau hanya di rumah, Moms bisa tetap mengekspresikan rasa syukur atas Lebaran dengan berbagi dengan orang-orang di sekitar Anda. Moms bisa memasak hidangan lebih banyak pada hari ini dan membagikannya dengan tetangga atau orang-orang yang menurut Anda membutuhkan.



Moms juga bisa menyumbangkan donasi atau membagikan ‘salam tempel’ pada sanak saudara melalui layanan bank online. Tentu merayakan Idul Fitri dapat terasa indah dan lebih bermakna dengan berbagi berkah kepada orang di sekitar kita.

5. Mengirimkan Paket Spesial

Selain donasi, Moms juga bisa berbagi kebahagiaan dan ucapan syukur Idul Fitri dengan mengirimkan barang atau paket spesial kepada yang tersayang. Jadi, walaupun Anda dan keluarga secara fisik tak dapat hadir menemui sanak saudara, pesan kebahagiaan dan syukur tetap dapat tersalurkan melalui barang yang Anda kirimkan.

Siapkan hampers berisi kue kering atau prakarya Si Kecil, lalu kirimkan kepada nenek atau kakek di kampung halaman. Tentu mereka akan tetap berbahagia dengan berbagai barang yang Anda kirimkan pada mereka. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: pandemi,   covid-19,   lebaran,   idul fitri,   keluarga,   silaturahmi










Cover Mei-Juni-Juli 2020