Mother&Baby Indonesia
Pengharum Ruangan Alami agar Rumah Wangi saat Lebaran

Pengharum Ruangan Alami agar Rumah Wangi saat Lebaran

Ada satu tradisi yang masih sering dilakukan pada banyak keluarga jelang Lebaran, yakni menghias rumah dan mempersiapkan rumah agar rapi dan wangi ketika hari raya tiba. Karena biasanya saat Lebaran, kita ingin suasana rumah menjadi lebih rapi dan wangi untuk anggota keluarga maupun jika ada tamu yang datang.

Nah, untuk memberi aroma harum dan wangi pada ruangan di rumah, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami lho, Moms! Mau tahu apa saja bahan-bahan alami yang bisa Anda pakai untuk membuat rumah harum dan wangi? Yuk, simak artikel berikut ini!

Bunga Lily

Tak hanya cantik, bunga lily yang berwarna putih juga memiliki aroma khas dan wangi yang semerbak. Tak heran jika aroma lily cukup digemari hingga banyak brand parfum mengandalkan aroma lily untuk produk-produknya. Bunga lily juga memiliki waktu mekar yang cukup lama dan awet, jadi cocok untuk dijadikan hiasan di atas meja ruang tamu Anda saat Lebaran tiba.



Serai

Tumbuhan satu ini mungkin lebih dikenal sebagai bahan bumbu dapur. Aromanya dipercaya mampu menambah sedap masakan dan menetralisir bau amis daging. Namun, aroma batang serai yang cukup kuat dapat Anda jadikan pengharum ruangan alami dengan cara mengeringkan batang dan daunnya. Moms bisa merendam batang serai yang sudah dibersihkan di dalam air. Kemudian airnya dapat Anda semprotkan di ruang tamu untuk menambah kesegaran ruangan Anda.

Kopi

Seperti kita ketahui, kopi memang memiliki aroma yang khas dan bisa menetralisir bau apak pada ruangan. Untuk mendapatkan aroma kopi alami, Anda cukup menaruh biji kopi pada sehelai kain jala lalu simpan di sudut-sudut ruangan Anda. Aroma kopi yang khas dan menenangkan akan mengisi ruangan dan membuat udara menjadi lebih semerbak.



Daun Pandan dan Bunga Melati

Moms, daun yang satu ini sudah tak asing lagi digunakan untuk membuat makanan manis seperti kolak. Daun pandan dikenal memiliki aroma yang harum dan manis sehingga Anda juga bisa menciptakan keharuman khas daun pandan di rumah. Ambil beberapa helai daun pandan lalu iris halus. Letakkan irisan daun dalam wadah kecil dan letakkan di beberapa titik rumah. Untuk memperkaya aroma, Anda juga bisa menambahkan bunga melati.

Bunga Sedap Malam

Jelang Lebaran biasanya banyak penjual bunga dadakan yang menjajakan bunga sedap malam. Bunga ini memang sudah menjadi salah satu ikon Lebaran ya, Moms. Bukan tanpa sebab, bunga yang berasal dari Meksiko ini biasa mekar saat malam hari tiba dan mengeluarkan aroma yang seperti namanya, sedap di malam hari.

Aroma bunga ini sangat segar. Sangat cocok dijadikan pengharum ruangan alami. Moms bisa meletakkan bunga sedap malam di vas bunga di malam takbiran agar ketika keesokan hari seisi ruangan sudah penuh dengan harum bunga yang satu ini! (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: pengharum ruangan,   bunga lily,   serai,   kopi,   daun pandan,   bunga sedap malam