Mother&Baby Indonesia
Tips Jitu agar Santan Tidak Pecah saat Dimasak

Tips Jitu agar Santan Tidak Pecah saat Dimasak

Santan menjadi salah satu bahan baku masakan yang sangat umum pada kuliner Nusantara. Rasanya yang creamy dan gurih membuat banyak orang jatuh hati dengan masakan bersantan. Apalagi jelang lebaran seperti ini, banyak makanan yang menggunakan santan yang cocok disajikan bersama ketupat, seperti opor ayam, sayur kuah pepaya, lodeh, gulai, maupun rendang.

Namun, memasak santan tak semudah itu lho, Moms! Karena jika teknik memasaknya salah, santan akan pecah dan makanan akan tidak menarik lagi. Santan pecah adalah kondisi di mana masakan yang menggunakan bahan santan bertekstur menggumpal, berbutir, dan tidak menyatu dalam (kuah) masakannya.

Hal ini terjadi karena kandungan air dan lemak pada santan sudah memisah. Tak hanya itu, santan yang pecah rasanya tidak gurih lagi, malah cenderung hambar. Santan yang memisah dan tidak berpadu cantik dengan kuahnya juga akan membuat penampilan makanan menjadi tidak menarik.





Untuk menghindari kemungkinan santan pecah saat dimasak, Moms dapat mengikuti beberapa tips memasak santan anti gagal berikut ini!

Masak dengan Api Kecil

Salah satu kunci keberhasilan memasak makanan adalah pada penggunaan suhu yang tepat. Begitu juga saat memasak santan, gunakanlah api kecil hingga sedang saja. Pasalnya, api yang terlalu besar bisa membuat santan cepat pecah. Hal ini dikarenakan kuah (air) akan cepat mendidih dan membuat letupan gelembung yang memecah santan pada masakan Anda, Moms!



Aduk secara Konstan

Ketika memasak dengan santan, Moms harus bersiap untuk terus mengaduk-aduk masakan dengan perlahan dan konsisten. Teknik mengaduk juga harus dipikirkan, yakni dilakukan secara terus-menerus dan konstan. Hal ini bertujuan agar santan tidak cepat pecah dan terlihat memisah dari kuah.

Masukkan Santan Encer Terlebih Dulu

Apabila Moms memasak jenis masakan yang menggunakan dua jenis santan, yakni santan encer dan santan kental, maka Anda harus memperhatikan urutan memasaknya dengan benar. Masukkanlah santan encer terlebih dulu dan masak bersama bumbu serta bahan hingga mendidih. Kemudian, tambahkan santan kental di akhir dan kecilkan api kompor anda. Jangan lupa tetap aduk santan dan masak dengan api kecil ya, Moms!

Tambahkan Tepung Beras

Jika Anda khawatir santan akan pecah ketika dimasak, tidak ada salahnya mencoba tips yang satu ini! Sebelum santan dimasukkan ke dalam masakan, campur santan dengan sedikit tepung beras. Aduk hingga merata dan larut sempurna. Adanya tambahan tepung beras mampu menyatukan santan dengan kuah masakan anda. Tenang Moms, campuran sedikit tepung beras tidak akan mengubah rasa masakan Anda, asal tidak berlebihan, ya.

Pakai Santan Instan Saja

Moms, memasak santan memang memiliki tantangannya sendiri, namun jika Anda tidak mau ribet dan takut gagal. Maka, cara terakhir ini akan membantu Anda mewujudkannya. Ya! Anda cukup menggunakan santan instan kemasan, baik yang berbentuk bubuk maupun cair. Seperti namanya, santan instan lebih mudah digunakan karena mengandung bahan penstabil (emulsifier). Sehingga tekstur dan konsistensi santan tetap stabil ketika dimasak. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: santan,   memasak santan