Mother&Baby Indonesia
Tips Bersilaturahmi Lebaran pada Masa Pandemi

Tips Bersilaturahmi Lebaran pada Masa Pandemi

Lebaran tahun ini terasa berbeda ya, Moms. Dengan adanya peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), Anda tidak bisa dengan leluasa mengunjungi sanak saudara guna merayakan Idul Fitri bersama.

Namun demi mencegah penyebaran COVID-19, yuk kita ikuti anjuran pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, termasuk berkumpul atau mengadakan open house seperti yang biasa dilakukan masyarakat ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri. Jangah khawatir Moms, Anda tetap bisa bersilahturahmi dengan keluarga, tetangga, dan kerabat, kok! Hanya saja, caranya sedikit berbeda dibandingkan biasanya.

1. Manfaatkan Teknologi

Ya, saat ini teknologi sudah semakin canggih. Anda bisa bertatap muka langsung dengan keluarga nun jauh di kampung halaman hanya melalui telepon genggam. Jadi tak ada salahnya jika Anda menggantikan kunjungan rutin ke keluarga, kerabat, teman, atau bahkan tetangga, dengan melakukan video call. Jika ingin melakukan pembicaraan dengan beberapa orang sekaligus, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pertemuan online seperti Zoom atau Google Hangouts. Jarak yang jauh pun terasa lebih dekat dengan bantuan teknologi.



2. Berkirim Parsel

Tidak bisa mengunjungi keluarga atau kerabat? Moms bisa menggantikan kehadiran Anda dengan mengirimkan bingkisan kepada mereka. Tidak perlu yang mahal-mahal, parsel sederhana berupa kue kering atau perlengkapan beribadah juga bisa menunjukkan perhatian dan kasih sayang Anda kepada mereka.

3. Saling Memberi Ucapan

Tidak sempat memberikan parsel kepada saudara maupun kerabat, tidak masalah! Moms masih bisa menunjukkan perhatian Anda dengan sekadar mengirimkan ucapan selamat Lebaran melalui pesan singkat. Jangan lupa untuk menanyakan kabar mereka juga, ya.



4. Membatasi Kunjungan

Jika biasanya Anda melakukan open house di rumah bagi warga sekitar yang ingin berkunjung, kali ini sebaiknya kebiasaan tersebut ditiadakan terlebih dahulu. Tanpa bermaksud untuk berprasangka, tapi membiarkan banyak orang asing datang ke rumah akan meningkatkan risiko Anda dan keluarga tertular virus corona. Pada masa pandemi seperti saat ini, menjaga kesehatan diri Anda dan keluarga tentunya merupakan prioritas.

5. Tetap Jaga Jarak

Ketika Anda terpaksa menerima tamu, maka tetaplah untuk menjaga jarak. Kali ini mungkin Anda harus melewatkan sesi berjabat tangan atau sungkeman. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan jabat tangan tanpa bersentuhan guna mengurangi risiko tertular virus corona. Jangan lupa untuk selalu menyediakan hand sanitizer agar bisa digunakan bagi tamu yang sudah terlanjur datang. Membersihkan rumah menggunakan disinfektan juga bisa menjadi opsi setelah Anda kedatangan banyak tamu. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik).



Tags: lebaran,   idul fitri,   pandemi,   covid-19,   virus corona










Cover Mei-Juni-Juli 2020