Mother&Baby Indonesia
Tips agar Masakan Bersantan Tidak Mudah Basi

Tips agar Masakan Bersantan Tidak Mudah Basi

Di Hari Raya Idul Fitri, biasanya segala macam hidangan bersantan seperti opor ayam, rendang, sambal goreng hati, gulai, atau sayur lodeh pasti memenuhi meja makan Anda. Moms tentu membuat hidangan tersebut dalam porsi yang tidak sedikit karena akan dimakan bersama keluarga, bukan? Namun sayangnya, bila makanan-makanan tersebut tidak langsung habis dan malah bersisa, dikhawatirkan makanan tersebut akan menjadi basi.

Nah, agar semuanya tidak terbuang sia-sia, Moms perlu memperhatikan cara memasak dan menyimpan makanan bersantan dengan benar agar tidak mudah basi. Simak tipsnya berikut ini ya, Moms.

Memasak Makanan Bersantan

Untuk proses memasak makanan bersantan ini, Moms perlu memperhatikan beberapa hal berikut:



1. Pemilihan Kelapa

Saat memilih kelapa untuk dibuat santan, sebaiknya Moms memilih kelapa yang tua dan segar. Kandungan minyak pada kelapa tua lebih banyak sehingga akan menghasilkan rasa santan yang gurih.

2. Kupas Kulit Ari Kelapa

Sebelum diparut dan diperas, jangan lupa untuk mengupas kulit ari kecokelatan pada kelapa saat Moms akan membuat santan untuk makanan Anda. Hal ini bertujuan agar nantinya santan menjadi lebih awet dan tidak mudah basi.

3. Gunakan Air Matang dan Hangat

Untuk mendapatkan hasil santan yang berkualitas, sebaiknya Moms memasak santan menggunakan air matang agar terjaga kebersihannya. Selain itu pastikan suhu air yang digunakan hangat agar menghasilkan santan yang kental dan lebih tahan lama.

4. Masak Hingga Matang

Pastikan Moms memasak santan hingga benar-benar mendidih dan matang agar santan tidak mudah basi.



5. Mengaduk Santan

Agar santan tidak pecah, Moms harus mengaduk santan saat proses memasaknya. Karena santan yang pecah malah berisiko menjadi mudah basi. Sebaliknya, jangan mengaduk santan saat santan telah matang dan setelah mematikan api karena hal ini justru akan membuat santan cepat basi.

Menyimpan Makanan Bersantan

Setelah makanan bersantan matang sempurna, Moms perlu melakukan beberapa tips penyimpanannya seperti berikut:

1. Simpan di Tempat yang Sejuk dan Wadah Tertutup

Bila Anda dan keluarga tak langsung menyantap makanan bersantan tersebut, Moms bisa menaruhnya pada wadah yang tertutup rapat dan disimpan di lemari es. Hal ini juga berlaku saat makanan bersantan telah dihidangkan di suhu ruangan dan masih bersisa.

2. Menghangatkan Santan

Sebelum Anda menyimpan makanan bersantan yang telah Anda buat, Moms perlu menghangatkannya terlebih dahulu dengan api sedang hingga benar-benar mendidih. Hal ini bertujuan agar makanan bersantan tersebut akan bertahan lama dan tidak cepat basi. Setelah itu biarkan beberapa saat dan tutup makanan bersantan tersebut dengan penutup wadahnya dan taruh di tempat yang sejuk atau di lemari es.

3. Simpan dalam Freezer

Jika ingin menyimpan makanan bersantan Anda lebih lama, Moms bisa menaruhnya ke dalam freezer. Namun pastikan sebelum masuk ke dalam freezer makanan bersantan tersebut sudah berada dalam wadah yang tertutup. Ada baiknya juga jika Anda tidak menyimpan makanan bersantan tersebut lebih dari 1 minggu ya Moms, agar kualitas rasa makanan bersantan Anda tidak berubah. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: masakan bersantan










Cover April 2020