Mother&Baby Indonesia
Tips Membuat Ketupat yang Kenyal

Tips Membuat Ketupat yang Kenyal

Wah, tak terasa ya, Moms, Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Pasti Anda telah memiliki daftar hidangan apa saja yang akan disajikan saat berlebaran nanti. Coba M&B tebak, pasti ketupat menjadi salah satu makanan yang tidak boleh absen, bukan? Karena apalah artinya ada opor ayam dan sambal goreng ati bila tanpa kehadiran ketupat.

Ketupat yang kenyal sudah pasti membuat lauk pauk yang turut Anda siapkan semakin nikmat ketika dimakan. Namun membuat ketupat yang kenyal tersebut tidaklah mudah. Anda harus memasaknya dengan benar untuk mendapat hasil yang maksimal.

Nah, kali ini M&B akan memberikan tips membuat ketupat yang kenyal, yang pastinya anti gagal, Moms. Silakan disimak, ya!



Gunakan Beras yang Berkualitas

Beras merupakan bahan utama untuk membuat ketupat. Beras yang berkualitas akan memengaruhi hasil ketupat Anda nantinya, maka pilihlah beras yang pulen. Setelah itu, cuci beras hingga bersih, lalu rendam beras dengan air kapur sirih selama 15-30 menit agar tekstur ketupat semakin lembut dan kenyal saat matang nanti.

Pilih Kulit Ketupat yang Tepat

Selain beras, pemilihan kulit ketupat juga tidak boleh dilakukan sembarangan lho, Moms. Pastikan Anda memilih kulit ketupat yang bersih, tidak layu, dan memiliki serat daun yang tebal. Pilih kulit ketupat yang berwarna kuning muda kehijauan.

Usahakan juga untuk memilih kulit ketupat yang berukuran sama agar ketupat matang merata dan bersamaan. Pastikan pula agar celah kulit ketupat cukup rapat agar dapat menahan beras sehingga tidak keluar saat dimasak dan ketupak yang dihasilkan menjadi padat.



Buat Takaran yang Pas

Takaran yang pas ini sangat berpengaruh pada hasil ketupat yang Anda buat nantinya. Karena bila Anda mengisi terlalu banyak beras pada kulit ketupat, nantinya ketupat menjadi kurang matang dan keras. Sebaliknya, jika berasnya terlalu sedikit, ketupat akan menjadi lembek. Maka, untuk mendapatkan hasil ketupat yang sempurna, Anda bisa memasukkan sekitar 2/3 beras ke dalam kulit ketupat.

Proses Memasak

Saat merebus ketupat, gunakan air yang telah mendidih. Pastikan seluruh bagian ketupat terendam agar matang merata. Jika air rebusan ketupat berkurang, Moms bisa menambahkan air lagi agar ketupat kembali terendam. Gunakan air panas agar suhu memasaknya tetap stabil. Umumnya memasak ketupat ini memerlukan waktu sekitar 3-5 jam. Jangan lupa juga untuk mengecek tingkat kematangan ketupat sesekali ya, Moms.

Siram Ketupat dengan Air Dingin

Setelah ketupat matang, segera angkat dan siram permukaan kulit ketupat dengan air dingin untuk membersihkan lendir-lendir yang menempel pada permukaan ketupat. Selain itu, hal tersebut dilakukan juga untuk mencegah ketupat cepat basi dan berair.

Gantung Ketupat

Untuk menghilangkan uap panas yang terperangkap dalam ketupat, Moms perlu menggantungkan ketupat Anda. Gantung kumpulan ketupat di tempat yang berangin dan terbuka agar sisa-sisa air dari rebusan ketupat cepat hilang. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: ketupat,   membuat ketupat yang kenyal










Cover April 2020