Mother&Baby Indonesia
Manfaat Buka Puasa Bersama Keluarga di Rumah

Manfaat Buka Puasa Bersama Keluarga di Rumah

Tahun ini bulan suci Ramadan memang terasa berbeda, merebaknya pandemi COVID-19 membuat semua orang tidak dapat bepergian dengan bebas. Ibadah yang biasanya dilakukan di masjid pun kini dialihkan ke rumah saja. Tak terkecuali kegiatan-kegiatan rutin yang biasa dilakukan ketika Ramadan, seperti berbuka puasa bersama teman maupun saudara atau beragam kesibukan lainnya. Semua itu kini harus dilakukan di rumah saja.

Namun, hal ini justru memberi kita ruang kebersamaan dengan keluarga lebih banyak dan lebih intens, seperti halnya berbuka puasa bersama keluarga. Hal ini juga memiliki manfaat baik bagi kekompakan keluarga lho, Moms! Tak hanya itu, terdapat pula manfaat baik lain yang bisa diperoleh dengan berbuka puasa bersama keluarga di rumah, seperti berikut ini.

Meningkatkan Kekompakan dan Kerja Sama




Kegiatan berbuka bersama keluarga sudah pasti dapat membangun kekompakan dan kerja sama antar anggota keluarga yang lebih baik. Hal ini dikarenakan ketika hendak berbuka puasa di rumah, setiap anggota keluarga dapat membantu Moms dalam mempersiapkan hidangan berbuka. Anda juga dapat memberi tugas atau meminta bantuan pada seluruh anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam menyiapkan hidangan buka puasa, Moms.

Membangun Bonding


Berkumpul dengan keluarga saat buka puasa bisa membuat hubungan keluarga menjadi lebih hangat dan dapat meningkatkan ikatan emosional atau bonding. Saat berkumpul bersama keluarga, Anda dan anggota keluarga lain dapat menikmati waktu-waktu kebersamaan ini.

Jika biasanya saat berkumpul bersama lebih sering digunakan untuk bermain gadget dan tidak ada kesempatan untuk mengobrol bersama, dengan adanya buka puasa bersama keluarga, anggota keluarga bisa saling mengobrol, bercerita, dan bersenda gurau hingga akrab. Komunikasi dan silaturahmi di dalam keluarga pun akan menjadi lebih baik. Saling mengenal satu dengan yang lainnya, dan bisa menjadi lebih akrab.

Hemat Pengeluaran




Saat mengikuti kegiatan buka puasa bersama di restoran atau kafe, tentu Anda harus mengeluarkan budget ekstra. Apalagi, jika acara tersebut dilakukan di restoran ternama yang memiliki daftar menu dengan harga selangit.

Nah, karena tahun ini berbuka puasa hanya dilakukan di rumah bersama anggota keluarga, Anda jadi bisa lebih hemat karena tidak harus mengeluarkan biaya besar. Memasak sendiri di rumah tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan memesan makanan di luar.

Eksperimen Masakan Baru


Karena memiliki waktu yang lebih banyak saat di rumah, kini Moms dapat mulai bereksperimen dengan bermacam menu masakan untuk hidangan berbuka puasa. Hal ini dilakukan tentu agar Anda dan anggota keluarga tidak bosan menikmati makanan buka puasa jika menunya itu-itu saja. Selain itu, aktivitas ini pun bisa membantu mengasah kemampuan memasak Anda, Moms.

Mencegah Si Kecil Jadi Picky Eater


Berbuka puasa bersama keluarga juga berdampak baik pada perkembangan Si Kecil. Karena ketika berbuka bersama, berarti Anda memasak makanan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Dengan cara ini, Si Kecil mengenal makanan baru dan tidak menjadi rewel tentang pilihan makanan. Dengan begitu ia akan terbiasa menerima beragam jenis makanan. Hal ini pun dapat mencegah Si Kecil menjadi anak picky eater. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: puasa,   buka puasa,   ramadan,   buka puasa bersama










Cover April 2020