Mother&Baby Indonesia
6 Langkah Aman Menikmati Netflix bersama Anak

6 Langkah Aman Menikmati Netflix bersama Anak

Ketika semua kegiatan harus dilakukan dari rumah, mencari cara agar tidak bosan #DiRumahAja tentu penting banget ya, Moms. Setelah seharian work from home (WFH) sambil menemani anak school from home (SFH), melepas penat sambil melakukan quality time bersama anak menjadi hal yang mutlak dilakukan. Ya, jangan sampai terlalu sibuk WFH dan SFH membuat Moms dan Si Kecil menjadi ‘jauh’ ditelan kesibukan masing-masing.

Nah, salah satu cara seru untuk quality time dengan anak adalah menikmati aneka tayangan berkualitas di Netflix. Takut Si Kecil melihat tayangan dewasa? Tenang saja, karena ada 6 langkah aman dan nyaman untuk menikmati Netflix bersama anak. Ikuti langkahnya, kemudian… Netflix and chill!

1. Profil Anak

Netflix menyediakan profil ‘Anak’ di setiap akun anggotanya. Moms juga bisa membuat profil anak tambahan melalui ‘Pengaturan Profil’ yang kontennya bisa disesuaikan untuk tiap anak di keluarga Anda. Jadi Moms tidak perlu takut Si Kecil akan melihat tontonan yang tidak sesuai usianya, karena tayangan yang masuk di profil ‘Anak’ pasti aman dari konten dewasa.



2. Pusat Profil

Tak hanya membagi profil menjadi ‘Anda’ dan ‘Anak’, setiap profil tersebut juga bisa dikontrol lebih detail lagi melalui fitur ‘Pengaturan Akun’ lho, Moms. Atur preferensi Anda di ‘Profil dan Kontrol Orang Tua’ untuk menyesuaikan kontrol bagi masing-masing akun.

3. Kunci Profil

Moms bisa mengunci setiap profil menggunakan 4 digit PIN, agar Si Kecil tidak akan salah klik dan menonton konten di dewasa di akun Anda. Untuk mengunci profil, Moms bisa membuka halaman ‘Akun’ lalu pilih pengaturan ‘Profil dan Kontrol Orang Tua’ dan mengubah pengaturan di ‘Kunci Profil’.

4. Pembatasan Konten

Setelah mengatur ‘Profil dan Kontrol Orang Tua’ sesuai keinginan Anda, maka otomatis Netflix akan menyaring konten sesuai dengan tingkat usia di setiap profil. Moms juga bisa membatasi dan mengunsi judul-judul film tertentu bagi setiap profil, lho.



5. Mematikan Pemutaran Otomatis

Pada film seri Netflix, biasanya episode berikutnya akan otomatis terputar setelah Anda menyelesaikan satu episode. Jika tidak ingin seperti ini, Moms bisa mematikan pemutaran otomatis di ‘Pengaturan Pemutaran’.

6. Aktivitas Menonton

Tak hanya membatasi jenis tontonan, Moms juga bisa membatasi waktu menonton anak, lho. Masuklah ke ‘Profil dan Kontrol Orang Tua’ dan klik ‘Aktivitas Streaming’ untuk melihat riwayat tontonan dari tiap profil.

Dengan begini Moms bisa mengetahui apakah screen time untuk Si Kecil terlalu banyak atau tidak. Mengajarkan Si Kecil bijak menikmati tayangan sejak dini, ternyata tidak sulit kan, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: netflix,   quality time,   keluarga,   balita,   film










Cover April 2020