Mother&Baby Indonesia
Virtual Babysitting, Tren Mengasuh Anak di Masa Pandemi

Virtual Babysitting, Tren Mengasuh Anak di Masa Pandemi

Pandemi yang tengah berlangsung saat ini hingga entah kapan, perlahan tapi pasti mulai membuat sebagian besar orang tua merasa kewalahan. Setelah hampir 2 bulan harus tetap tinggal di rumah, banyak orang tua yang mulai pusing dengan jadwal yang ada, mulai dari melakukan pekerjaan dari rumah, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, hingga mengasuh dan menemani anak bermain dan belajar.

Ya, Meskipun Anda seharian berada di rumah, urusan mengasuh anak kadang bisa sangat merepotkan apabila di saat yang sama Anda juga dikejar-kejar deadline pekerjaan, atau harus melakukan conference call, sementara di sudut ruangan Si Kecil merengek dan berteriak meminta perhatian Anda.

Virtual Babysitting Siap Membantu Anda

Kabar baik untuk Anda Moms, di tengah pandemi yang terjadi, kini muncul tren baru pengasuhan anak yang disebut dengan virtual babysitting. Apa itu virtual babysitting? Ini adalah pengasuhan anak secara virtual, di mana Anda meminta bantuan seseorang untuk mengasuh Si Kecil, namun semua interaksi dilakukan secara online. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang harus bekerja dan mengurus anak secara bersamaan.



Di Amerika Serikat sendiri, bisnis baru berupa virtual babysitting ini tengah populer. Saat ini mulai bermunculan layanan pengasuhan anak yang menghubungkan pengasuh dengan keluarga yang memiliki anak.

Dikutip dari 6abc.com, salah satu usaha yang menjalankan virtual babysitting ini adalah Virtual Babysitters Club yang didirikan oleh Kyle Reilly dan Kristina Hanford. Setelah melihat meningkatnya kebutuhan akan bantuan pengasuhan anak, mereka berdua meluncurkan usaha yang bergerak secara digital tersebut.

Pada dasarnya, Virtual Babysitters Club menghubungkan para ‘pengasuh’ dengan orang tua dari anak-anak yang bekerja dari rumah melalui layanan berbasis web. Namun pengasuh yang dipekerjakan bukan pengasuh biasa, melainkan orang-orang profesional yang telah dipilih untuk menghibur anak-anak dari jarak jauh dengan berbagai jenis kegiatan, seperti melakukan sulap, mendongeng, bernyanyi, bercerita, atau membuat art & craft.



Pengasuh memiliki keahlian aktivitas yang sesuai dengan usia anak. Misalnya, anak Anda suka membuat art & craft, Virtual Babysitters Club akan menyediakan pengasuh yang bisa membuat kerajinan tangan, dan anak Anda akan berinteraksi dengan si pengasuh secara online untuk membuat art & craft bersama-sama dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Membuat Anak Terlibat dan Terhibur

Ide dari kegiatan interaktif ini adalah untuk membuat anak-anak tetap terlibat dan terhibur. Meskipun begitu, virtual babysitting tidak dimaksudkan untuk menghibur dan mengasuh anak sepanjang hari penuh. Setiap sesi layanan pengasuhan anak online ini hanya berlangsung selama 30 hingga 60 menit, karena ini ditujukan untuk para orang tua yang merasa perlu istirahat sejenak.

Sesi tersebut akan digunakan untuk mengisi kegiatan anak dengan kesibukan yang positif. Layanan ini juga harus diawasi oleh orang tua secara langsung, jadi anak tidak ditinggal sendiri di depan laptop atau gadget.

Dengan Si Kecil berinteraksi melalui berbagai akivitas yang seru, ia tentu tidak akan merasa bosan lagi saat harus tinggal di rumah, dan virtual babysitting bisa membantu meringankan tugas Anda. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya, Moms? (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   pengasuhan anak,   virtual babysitting,   pandemi