Mother&Baby Indonesia
Bahan Makanan Tahan Lama yang Bisa Dibeli saat Pandemi

Bahan Makanan Tahan Lama yang Bisa Dibeli saat Pandemi

Pada masa pandemi COVID-19, Moms tentunya tidak bisa leluasa berbelanja kebutuhan sehari-hari. Alhasil, Anda harus menyetok berbagai kebutuhan, termasuk bahan pangan.

Masalahnya, kebanyakan bahan pangan tidak bisa disimpan terlalu lama. Namun dalam keadaan seperti saat ini, ada baiknya Anda menyetok beberapa bahan pangan berikut ini karena bisa bertahan cukup lama, Moms.

1. Beras

Beras tentunya berada di urutan pertama karena merupakan makanan pokok mayoritas orang Indonesia. Jika disimpan secara benar, beras bisa bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan lebih. Pastikan beras dimasukkan ke wadah yang tertutup sehingga tidak mudah dimasuki serangga ya, Moms.



2. Telur

Sumber protein yang satu ini merupakan bahan pangan yang paling mudah diolah. Agar tidak bosan, Moms tentunya bisa mengkreasikan telur menjadi berbagai menu menarik untuk keluarga. Agar lebih awet, Anda disarankan untuk menyimpan telur di dalam wadah kartonnya dan disimpan di bagian dalam lemari es, bukan di pintu lemari es. Tidak perlu mencuci telur terlebih dahulu sebelum disimpan. Anda bisa mencucinya sebelum telur diolah.

3. Daging Ayam

Dalam kondisi beku, daging ayam bisa disimpan di freezer selama 6 hingga 9 bulan. Moms bisa menaruhnya dalam keadaan mentah, atau diolah terlebih dahulu. Anda bisa mengungkepnya terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu kuning dan tinggal memanaskannya jika akan disantap. 

4. Kentang, Wortel, dan Kol

Beberapa sayuran juga bisa menjadi stok pangan yang bertahan lama, seperti kentang, wortel, dan kol. Jika disimpan dengan baik, ketiga jenis sayuran ini bisa bertahan cukup lama dan tidak membusuk.



5. Makanan Kaleng

Praktis dan awet. Makanan kaleng dalam bentuk buah-buahan, kacang-kacangan, hingga olahan ikan biasanya memiliki periode kedaluwarsa hingga satu tahun. Oleh sebab itu, jenis bahan makanan yang satu ini akan sangat berguna di kala kita menghadapi situasi pandemi seperti saat ini. 

6. Bumbu

Dalam situasi wabah, bumbu bubuk menjadi pilihan terbaik karena tahan lama dan praktis. Anda bisa menyimpan bawang goreng, rempah-rempah bubuk, penyedap rasa, gula, garam, dan sebagainya. Bawang putih dan bawang merah jika disimpan dalam keadaan kering juga bisa bertahan lama.

7. Frozen Food

Dalam keadaan serba terbatas, frozen food bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga Anda. Moms, bisa memilih berbagai jenis makanan beku yang terbuat dari ayam, daging sapi, ikan, maupun udang. Namun pastikan Anda membeli frozen food berkualitas dan memiliki tanggal kedaluwarsa yang masih lama.

8. Buah Tahan Lama

Guna menjaga daya tahan tubuh, Anda tentunya juga memerlukan asupan buah yang notabene sumber vitamin. Beberapa jenis buah bisa disimpan dalam periode cukup lama, seperti apel, jeruk, semangka, dan melon. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: pandemi,   covid-19,   frozen food,   telur,   beras,   bahan makanan