Mother&Baby Indonesia
Tips Berkendara Aman saat Pandemi

Tips Berkendara Aman saat Pandemi

Selama masa pandemi COVID-19, semua orang diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan tetap #DiRumahAja. Imbauan pemerintah ini pastinya membuat intensitas perjalanan Anda ke luar rumah jadi berkurang.

Meskipun demikian, tentu ada hal yang tetap memaksa Anda harus keluar rumah, misalnya belanja kebutuhan makanan ke supermarket, ke rumah sakit, atau justru Anda masih harus bekerja di kantor.

Nah, agar perjalanan Anda ke luar rumah tetap aman dan terhindar dari penyebaran virus COVID-19, simak beberapa tips berkendara yang aman saat pendemi berikut ini, Moms.



1. Pakai Masker

Saat ini semua orang dianjurkan untuk mengenakan masker, terlebih ketika Anda harus berkegiatan di luar rumah. Ketika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan Anda, jangan lupa untuk selalu memakai masker, membawa hand sanitizer, tisu kering dan tisu basah, serta bila perlu sediakan disinfektan di mobil Anda.

2. Hati-hati saat Menyentuh Benda

Sebisa mungkin minimalkan penggunaan jari-jari Anda saat harus menyentuh sesuatu atau menekan tombol, misalnya tombol ATM atau lift. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan pena untuk menekan tombol-tombol ATM dan memanfaatkan siku Anda saat menekan tombol lift.

Cara lainnya, Anda bisa membungkus jari-jari Anda dengan tisu saat hendak menekan tombol, lalu setelah itu Anda bisa membuang tisunya, atau Anda juga bisa mengenakan sarung tangan.



3. Batasi Waktu dan Lokasi Bepergian

Sebaiknya Anda tidak berlama-lama dan mengunjungi banyak tempat ketika keluar rumah saat pandemi ini. Semakin lama dan semakin banyak tempat yang Anda kunjungi, maka semakin tinggi peluang Anda untuk berinteraksi dengan orang-orang atau sesuatu yang terpapar virus, sehingga bukan tak mungkin Anda malah membawa virus ke mobil Anda.

4. Batasi Jumlah Penumpang saat Berkendara

Risiko terpapar virus juga semakin besar ketika Anda berkendara dengan terlalu banyak orang yang berada di dalam kendaraan. Maka batasi penumpang saat Anda berkendara. Bila Anda harus pergi berdua bersama pasangan atau Si Kecil menggunakan mobil, berikan jarak aman dengan membiarkan pasangan atau anak Anda duduk di belakang.

5. Disinfektan Kendaraan Anda

Setelah Anda kembali ke rumah, disinfektan area kendaraan Anda yang rawan disentuh, misalnya untuk mobil, disinfektan pintu, setir, kenop penggerak gigi, sabuk pengaman, radio, jok mobil, dan dasbor. Meski Anda jarang menggunakan kendaraan saat masa pandemi ini, ada baiknya Anda tetap menjaga kebersihan kendaraan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: berkendara,   keluarga,   pandemi