Mother&Baby Indonesia
Trik Bebas Stres saat Dampingi Anak Belajar di Rumah

Trik Bebas Stres saat Dampingi Anak Belajar di Rumah

Mewabahnya virus corona membuat sekolah-sekolah meliburkan murid-muridnya guna menghindari kemungkinan anak-anak terinfeksi virus tersebut. Sebagai gantinya, mereka pun harus belajar di rumah yang disebut dengan istilah school from home (SFH).

Sejumlah tugas diberikan oleh pihak sekolah dengan tujuan agar anak tetap bisa belajar walaupun harus berada di rumah. Dan Anda sebagai orang tua pun kini juga merangkap tugas sebagai guru bagi anak saat membantu Si Kecil mengerjakan tugasnya. Bukan tugas yang mudah, memang, apalagi jika Anda juga harus melakukan work from home.

Kegiatan belajar di rumah tentu butuh penyesuaian, tak hanya buat anak, tetapi juga buat Moms sebagai orang tuanya. Dan kondisi bisa jadi semakin sulit manakala timbul stres pada diri Anda ketika mendampingi anak belajar, misalnya karena anak tak kunjung memahami penjelasan Anda. Lantas, bagaimana cara mencegah stres saat mendampingi anak belajar di rumah?



1. Perlunya mengatur jadwal yang baik

Dilansir dari laman Healthychildren, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah Moms sebaiknya membuat kesepakatan bersama dengan anak dalam menentukan jadwal harian di rumah. Hal ini perlu dilakukan agar rutinitas sehari-hari orang tua dan anak berjalan dengan teratur sehingga Si Kecil juga tahu kapan waktu untuk belajar, istirahat, atau bermain, layaknya saat ia berada di sekolah.

Dengan adanya jadwal harian dan rutinitas yang dilakukan secara teratur, Si Kecil juga akan merasa nyaman dalam melakukan aktivitasnya. Dan yang tak kalah penting, pembuatan jadwal harian ini juga akan bisa menghindarkan Anda dari kebingungan untuk menentukan prioritas yang dapat menyebabkan stres, Moms.

2. Menciptakan suasana yang menyenangkan

Suasana yang nyaman dan menyenangkan saat kegiatan belajar di rumah adalah kunci utama efektifnya proses belajar anak. Karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi rumah senyaman mungkin bagi anak untuk belajar, misalnya tidak ada suara bising saat anak sedang belajar.

Suasana yang nyaman dan menyenangkan juga penting bagi Anda untuk mencegah stres saat mendampingi anak belajar di rumah. MomsĀ  dan Si Kecil juga bisa meluangkan waktu sebentar untuk bermain, berolahraga, dan makan bersama untuk menambah suasana makin menyenangkan. Selain itu, Anda pun perlu menjalin komunikasi yang baik dengan guru di sekolah untuk berdiskusi tentang anak selama melakukan proses belajar di rumah.



3. Manfaatkan media online

Saat harus belajar di rumah, Anda akan menggantikan peran guru dan mengajari anak. Nah, stres bisa saja muncul salah satunya karena Anda tidak menguasai dengan baik materi yang sedang dipelajari anak.

Untuk itu, tidak ada salahnya Moms memanfaatkan internet guna mencari tahu seputar pelajaran anak. Anda juga bisa membuka aplikasi ruang belajar online. Biasanya aplikasi ini akan memberikan materi pelajaran yang lengkap dan mudah dipahami, sehingga baik Anda maupun Si Kecil tidak akan kebingungan lagi.

4. Hindari berharap terlalu tinggi

Bagaimana pun, proses belajar di rumah berbeda dengan saat anak belajar di sekolah. Saat di sekolah, mungkin saja Si Kecil mudah paham suatu materi pelajaran dan mendapat nilai bagus. Namun hal itu bisa saja berbeda hasilnya saat ia harus belajar di rumah karena beda suasana.

Maka, Moms juga perlu menghindari memasang ekspektasi tinggi terhadap anak, karena ini bisa menimbulkan stres dalam diri Anda. Akan lebih baik jika Moms mendampingi Si Kecil belajar dengan perasaan senang dan penuh cinta. Ini juga bisa menjadi ajang untuk mempererat bonding Anda dengan Si Kecil, lho. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   belajar di rumah,   pandemi,   school from home










Cover Mei-Juni-Juli 2020