Mother&Baby Indonesia
Cara Menjaga Kondisi Rumah agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Kondisi Rumah agar Tetap Sehat

Saat Moms atau anggota keluarga Anda sakit, tentu Anda mencari tahu apa penyebab dari penyakit yang melanda tubuh Anda. Namun tanpa disadari penyakit tersebut bersumber dari kondisi rumah yang kurang dijaga kebersihannya.

Bila Anda tidak rajin membersihkan rumah, hal ini berarti sama saja Anda membiarkan kuman bersarang di rumah Anda. Maka dari itu, Moms perlu mempraktikkan secara rutin cara membersihkan rumah dengan mudah dan sederhana agar rumah Anda tetap dalam kondisi sehat. Karena rumah yang bersih adalah rumah yang sehat. Simak cara berikut ini ya, Moms.

1. Rajin Mencuci Tangan

Hal pertama yang bisa membuat rumah Anda dalam kondisi sehat adalah dengan menerapkan kebiasaan rajin mencuci tangan pada seluruh anggota keluarga dan orang yang berkunjung ke rumah Anda.



Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan saat menyiapkan makanan, sebelum makan, sehabis ke kamar mandi, setelah dari luar rumah, setelah memegang hewan peliharaan, atau setelah merawat anggota keluarga yang sedang sakit. Pastikan air, sabun, dan handuk bersih selalu tersedia untuk mendukung kebutuhan saat mencuci tangan.

2. Menjaga Kebersihan Dapur

Tanpa Moms sadari, bahan makanan yang Anda beli juga menjadi sumber kuman yang bisa mengendap di rumah Anda. Untuk menghindari bersarangnya kuman, khususnya di dapur Anda, Moms perlu melakukan hal-hal berikut:

• Cuci tangan Anda dengan sabun menggunakan air hangat sebelum dan setelah membersihkan bahan makanan. Pastikan Anda membersihkan daging mentah, daging ayam, ikan, atau telur dengan benar.

• Perbanyak persedian talenan agar bisa dipakai sesuai jenis bahan makanan. Setelah dipakai jangan lupa untuk dicuci menggunakan sabun dan air hangat. Bila terlihat ada kerusakan pada talenan, segera ganti untuk menghindari kuman atau bakteri mengendap di celah-celah bagian yang rusak.

• Taruh bahan makanan sesuai dengan kebutuhan suhunya.

• Untuk mencegah kontaminasi silang pada makanan, jangan menaruh makanan Anda yang sudah matang pada piring yang sebelumnya dipakai untuk menaruh daging mentah atau sayuran.

• Bersihkan seluruh area dapur menggunakan lap, handuk, atau disinfektan sesering mungkin.



3. Menjaga Kebersihkan Kamar Tidur

Demi kesehatan dan kenyamanan Anda saat tidur, bersihkan tempat tidur dan cuci seprai Anda seminggu sekali menggunakan air hangat atau panas lalu keringkan dengan sempurna. Bila Anda memiliki hewan peliharaan, sebaiknya Anda tetap memisahkan tempat tidur mereka dengan Anda demi menghindari bersarangnya kuman atau kutu pada kasur atau area kamar tidur Anda yang dibawa oleh hewan peliharaan Anda.

4. Jaga Kebersihan Kamar Mandi

Untuk menjaga kesehatan area kamar mandi, Moms harus rajin membersihkan kamar mandi secara rutin dengan menggosok permukaan kamar mandi dan menjaga kebersihan alat-alat keperluan Mandi Anda. Pastikan setiap anggota keluarga Anda memiliki handuk dan sikat giginya masing-masing. Berikan jarak untuk menaruh masing-masing sikat gigi dan pakaikan tutup sikat gigi untuk menghindari penyebaran kuman dari sikat gigi satu ke sikat gigi lainnya.

5. Taruh Sepatu di Luar Rumah

Agar terhindar dari kuman atau bakteri yang mungkin mengendap di lantai atau sekitar rumah Anda, pastikan anggota keluarga Anda atau tamu yang datang ke rumah melepas sepatunya sebelum masuk ke dalam rumah.

6. Menghindari Alergen

Untuk menghindari alergen seperti tungau debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan, Moms bisa melakukan beberapa cara berikut:

• Pertimbangkan untuk membeli penyedot debu yang memiliki filter penangkapan partikel dengan efisiensi tinggi, yang akan menjebak tungau debu dan alergen lainnya. Pasang pula filter berkualitas tinggi pada tungku dan unit pendingin udara Anda dan gantilah sesering mungkin.

• Kurangi koleksi boneka berbulu, atau cuci boneka tersebut seminggu sekali untuk meminimalisir adanya tungau atau debu yang menempel pada boneka.

• Jika rumah Anda lembap, nyalakan humidifier untuk mengusir jamur, dan pastikan kamar mandi, dapur dan kamar tidur memiliki ventilasi yang baik. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: rumah,   rumah sehat,   membersihkan rumah,   keluarga










Cover April 2020