Mother&Baby Indonesia
Ide Menu Sehat dan Mudah Dibuat untuk Berbuka Puasa

Ide Menu Sehat dan Mudah Dibuat untuk Berbuka Puasa

Menu berbuka puasa tidak hanya harus memanjakan lidah, tetapi juga harus sehat ya, Moms. Sangat disarankan untuk memilih menu berbuka yang dapat mengembalikan tenaga Anda setelah berpuasa sekitar 13 jam sehari.

No bukber? No worry! Anda tetap bisa merayakan momen berbuka puasa yang spesial walau hanya #DiRumahAja bersama keluarga tercinta. Yuk, siapkan beberapa menu berbuka sehat yang mudah dibuat berikut ini.

Chia Seed Pudding

Siapkan 1 sendok makan chia seeds (sekitar 15 gram), tambahkan sekitar 100 ml susu (bisa diganti dengan susu kedelai atau minuman lain sesuai selera). Aduk rata, kemudian tambahkan brown sugar, madu, atau pemanis lain sesuai selera. Diamkan hingga mengental selama 30 menit, masukkan kulkas, kemudian hiasi dengan buah segar untuk berbuka.



Fruit Spring Roll

Persis seperti lumpia Vietnam, namun isinya diganti dengan buah-buahan segar favorit Anda dan keluarga. Siapkan selembar rice paper, celupkan ke air, dan lebarkan di papan.

Kemudian isi dengan potongan buah-buahan segar, lipat hingga bentuknya seperti lumpia. Oleskan sedikit olive oil di kulit rice paper agar tidak lengket, simpan di kulkas sejenak, sajikan saat berbuka.

Smoothies Kurma

Tuang 1 cangkir susu almond tanpa pemanis ke dalam blender, masukkan 1/2 cangkir kurma beku tanpa biji (sekitar 5-7 kurma), 1 pisang beku ukuran kecil untuk pemanis alami, dan masukkan 1 sendok makan madu jika ingin lebih manis. Aduk dengan blender selama 1-2 menit atau 2-3 menit jika ingin tekstur yang lebih halus. Dingin lebih nikmat!



Lycheenamon Soup

Cara membuatnya seperti setup pisang, namun ini tanpa santan dan buahnya diganti leci. Rebus 500 ml air, masukkan kayu manis, cengkih, dan gula sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan rum jika mau.

Dinginkan hingga mencapai suhu ruangan, tambahkan 1 kaleng buah leci kemasan, masukkan kulkas. Hidangkan beberapa saat sebelum berbuka agar tetap dingin saat dinikmati. 

Watermelon Punch

Siapkan 1/2 buah semangka, cacah kasar, masukkan ke dalam sebuah wadah. Masukkan 500 ml susu UHT rendah lemak, chia seeds, dan sirup cocopandan sesuai selera. Tambahkan es batu, sajikan. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   puasa,   buka puasa,   menu buka puasa,   ramadan,   resep










Cover April 2020