Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Manfaat Empon-empon dan Cara Membuatnya

Moms, Ini Manfaat Empon-empon dan Cara Membuatnya

Kesehatan tubuh menjadi satu hal yang sangat penting untuk selalu dijaga, terutama saat muncul wabah virus berbahaya seperti saat ini. Menjalankan gaya hidup dengan rajin berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat pun jadi kebiasaan baru bagi Anda dan keluarga.

Selain itu, mengonsumsi bahan herbal dan alami untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh juga bisa dilakukan. Dan jenis bahan yang cukup populer saat ini dikenal dengan empon-empon, yang bisa Moms buat sendiri dan sajikan untuk keluarga agar kesehatan tubuh Anda dan keluarga tetap terjaga dengan baik.

Apa Itu Empon-empon?




Dalam bahasa Jawa, empon-empon memiliki makna sama dengan empu-empu. Hal ini merujuk pada umbi-umbian atau rempah yang tumbuh di dalam tanah. Jadi, ini bukan nama sebuah tanaman, melainkan kumpulan tanaman yang dianggap ampuh dan berkhasiat menangkal beragam penyakit.

Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada menyebutkan jenis yang termasuk sebagai empon-empon adalah jahe, temu lawak, kunyit, kencur, sunti, dan temu putih. “Empon-empon sudah digambarkan ada untuk keperluan membuat jamu dan sudah ada pada zaman dibuatnya Candi Borobudur,” jelasnya seperti dilansir dari Kompas.com.

Beberapa ahli kesehatan yang telah melakukan penelitian terhadap empon-empon pun menyatakan bahwa kumpulan rempah ini dinilai mampu menangkal hingga melemahkan virus dalam tubuh manusia. Ragam senyawa dan antioksidan di dalamnya pun membantu proses detoksifikasi serta menyerap nutrisi penting, sehingga imunitas menjadi lebih kuat.

Cara Mengolah Empon-empon

Dari pernyataan di atas, tentu para ahli tetap melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek jangka panjang ketika mengonsumsi kumpulan rempah ini. Namun, tak ada salahnya Moms mulai mengolah empon-empon untuk menjaga daya tahan tubuh serta imunitas agar kuat melawan beragam virus dan sumber penyakit lainnya dari tubuh anggota keluarga.

Sebelum menyajikan empon-empon yang juga termasuk jamu-jamuan ini, Anda perlu tahu proses pembuatannya secara tepat terlebih dahulu. Menurut berbagai sumber, ada tiga cara yang bisa Moms lakukan untuk mengolah empon-empon sebagai jamu keluarga, yakni:



1. Bahan Menu Makanan

Moms tentu tahu bahwa jahe, kunyit, dan kumpulan rempah ini sering menjadi bahan untuk penambah rasa pada menu makanan sehari-hari. Maka, Anda bisa mencari menu makanan lebih banyak yang menggunakan bahan rempah ini. Tapi, pastikan tidak menggunakannya terlalu banyak agar tak mengubah rasa asli dari bahan utamanya, ya.

2. Saring Ekstraknya

Empon-empon juga bisa disiapkan dalam bentuk ekstrak saja. Caranya, Anda parut ragam rempah tadi, lalu saring ekstraknya dengan menambahkan sekitar 50 ml air untuk menghasilkan satu gelas kecil jamu. Agar mendapatkan ekstrak lebih banyak, parut satu genggam empon-empon dan saring dengan 500 ml air.

3. Merebus Rempah

Cara terakhir yang cukup umum dilakukan adalah dengan merebus empon-empon. Proses perebusan dianjurkan sekitar satu menit saja, untuk menjaga minyak esensial yang berfungsi menjadi antioksidan. Selain itu, Anda juga bisa mencampur empon-empon dengan bahan lain, seperti gula merah atau kayu manis, lalu direbus dan dikonsumsi saat sarapan atau sore hari. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   jamu,   empon-empon,   imunitas










Cover Mei-Juni-Juli 2020