Mother&Baby Indonesia
7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Merawat kulit tak hanya dapat dilakukan dari luar. Menjaga kesehatan kulit juga bisa Anda lakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang mengandung beragam nutrisi penting bagi kulit. Berikut ini merupakan daftar makanan yang kaya akan nutrisi yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit Anda, Moms!

1. Ubi Jalar


Moms, ternyata ubi jalar kaya akan kandungan betakaroten yang baik untuk kesehatan kulit Anda, lho! Kandungan betakaroten di dalam ubi jalar ini berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari (UV), mencegah munculnya kulit kering, serta melawan keriput. Tak hanya itu, betakaroten juga bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh yang dapat menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem kekebalan tubuh Anda.



2. Stroberi


The American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti stroberi, akan bisa membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat proses penuaan. Peran vitamin C dalam melembapkan kulit mungkin disebabkan oleh kemampuannya menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga mendorong proses sintesis kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit.

3. Alpukat


Buah alpukat mengandung vitamin A, vitamin C, lemak sehat, dan serat. Aneka kandungan nutrisi tersebut merupakan kombinasi yang sangat bagus untuk menyehatkan kulit Anda. Penelitian menemukan bahwa kandungan nutrisi di dalam alpukat bermanfaat untuk melawan munculnya tanda penuaan dan keriput akibat paparan sinar matahari.

4. Bayam


Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang sering kita konsumsi sehari-hari. Tak hanya lezat disantap, bayam juga memiliki kadar lutein yang tinggi. Kandungan ini berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV. Ketika membeli bayam, pilihlah bayam di tumpukan paling atas ya Moms, yaitu yang paling banyak terkena cahaya matahari.

5. Telur




Telur mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A sangat baik untuk kesehatan kulit Anda, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit kering. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh, Moms dapat mengurangi bintik-bintik cokelat atau kerutan yang muncul pada beberapa bagian kulit Anda.

6. Ikan Berlemak


Ikan berlemak, seperti salmon dan makerel adalah beberapa jenis ikan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Ikan-ikan tersebut kaya asam lemak omega-3 yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan juga dapat membantu Anda mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Kekurangan omega-3 pada kulit bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak bersinar atau kusam. Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berlemak dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

7. Tomat


Tahukah Anda bahwa tomat juga memiliki kandungan vitamin C dan lycopene yang banyak? Tomat menjadi salah satu makanan yang baik untuk kulit dan mampu membuat kulit lebih cerah. Tomat bisa dijadikan sebagai salad, lalapan, atau dibuat menjadi jus segar.

Kandungan lycopene pada tomat memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan melancarkan sirkulasi darah pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah. Lycopene juga memiliki kemampuan meningkatkan status antioksidan sehingga sel-sel kulit bisa menangkal radikal bebas dari lingkungan. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   kesehatan kulit,   nutrisi,   kulit










Cover Mei-Juni-Juli 2020