Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Memotong Buah agar Nutrisinya Tidak Hilang

Cara Tepat Memotong Buah agar Nutrisinya Tidak Hilang

Kita mengenal dua tipe orang yang makan buah, makan secara langsung bersama kulitnya atau kupas kulitnya terlebih dulu, potong-potong, kemudian makan. Nah, Anda sendiri masuk tipe yang mana, Moms? Well, yang mana pun cara Anda makan buah, sebenarnya semua sah-sah saja dilakukan.

Namun, jika Moms lebih suka makan buah dengan cara dipotong terlebih dulu, maka Anda sebaiknya memperhatikan cara memotongnya. Pasalnya, salah memotong buah ternyata dapat mengurangi kandungan gizinya, lho!

Seperti kita semua tahu, buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat yang optimal, semua nutrisi yang terkandung dalam buah harus bisa diserap dengan maksimal. Dan, salah memotong buah juga bisa berakibat menghilangkan nutrisinya.



Dampak dari Mengupas dan Memotong Buah

Mengupas dan memotong buah dapat mengurangi kandungan gizinya. Dilansir dari Verywell, hal ini dikarenakan paparan panas, oksigen di udara, dan cahaya dari lingkungan sekitar bisa menghilangkan nutrisi dalam buah potong. Kulit buah diketahui berfungsi untuk melindungi kandungan vitamin, mineral, serta mikronutrisi lainnya yang ada dalam daging buah.

Saat Anda mengupas dan memotong buah, paparan dari panas, udara, dan cahaya akan membuat kandungan air di dalam buah cepat menguap. Hal ini akan menyebabkan terganggunya keseimbangan asam basa (pH) daging buah, yang bisa berimbas pada berkurangnya kandungan nutrisi dalam buah.

Sejumlah vitamin dan mineral yang tidak tahan panas juga bisa menguap setelah buah dipotong, contohnya vitamin C. Vitamin ini memang menjadi yang paling banyak hilang saat kita memotong buah, karena sifat antioksidan dari vitamin C sangat mudah bereaksi dengan oksigen di udara.



Menurut sebuah penelitian dari University of California, kandungan vitamin C pada mangga, stroberi, dan semangka potong bisa berkurang hingga 5 persen; pada nanas dan kiwi potong sebanyak 10 persen; serta pada melon potong sebanyak 20 persen.

Pengurangan vitamin C dari buah bisa kita lihat dari jumlah cairan yang keluar saat buah dipotong. Cairan tersebut mengandung vitamin C larut air. Jadi, meski lengket di tangan dan membuat tangan jadi tidak nyaman, Anda tidak perlu langsung mencuci buah potong tersebut untuk menjaga vitamin C tetap ada dalam buah ya, Moms.

Tips Memotong Buah agar Nutrisinya Tetap Maksimal

Lalu, bagaimana cara memotong buah yang benar agar kandungan nutrisinya tetap maksimal? Pertama, Moms harus pastikan pisau yang digunakan tajam dan bersih. Ini gunanya adalah untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri pada buah yang mempercepat pembusukan. Setelah itu, buah yang sudah Anda potong harus segera dimakan agar tak terlalu lama terpapar udara.

Jika sudah dipotong namun Moms tidak ingin segera langsung mengonsumsinya, Anda bisa simpan buah potong tersebut dalam wadah kedap udara dan masukkan ke lemari es sehingga kesegarannya bisa bertahan lama. Pastikan tak ada udara yang bisa masuk ke dalam wadah tersebut agar buah tak cepat berubah menjadi busuk ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   buah,   makan buah,   memotong buah










Cover Mei-Juni-Juli 2020