Mother&Baby Indonesia
Begini Cara Bedakan Kurma Ajwa Asli atau Palsu

Begini Cara Bedakan Kurma Ajwa Asli atau Palsu

Salah satu jenis kurma yang paling banyak dicari orang-orang di bulan Ramadan ini adalah kurma ajwa. Jenis kurma ini memang disukai oleh Rasulullah SAW, karena itu tak heran jika kurma ajwa juga sering disebut dengan sebutan kurma Nabi.

Kurma ajwa sendiri memiliki segudang manfaat dan terkenal mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyak sekali kandungan yang terdapat pada kurma ajwa ini, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, dan semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dengan kandungan tersebut, tak heran jika kurma ajwa laris di pasaran dengan harga yang relatif mahal.

Baca juga: Manfaat Kurma Ajwa untuk Memperlancar Persalinan Anda



Akibat kepopuleran kurma ajwa tersebut, tidak sedikit oknum pedagang nakal yang seringkali mengelabui pembeli dengan menjual kurma ajwa yang palsu. Karena itu, untuk menghindari hal tersebut, yuk, bedakan kurma ajwa yang asli dan palsu dengan memperhatikan ciri-cirinya berikut ini, Moms, agar Anda tidak tertipu saat ingin membeli kurma ajwa.

Bentuk dan Tekstur

Hal pertama yang harus Moms lakukan ketika hendak membeli kurma Ajwa adalah melihat bentuk dan teksturnya. Kurma ajwa yang asli memiliki tekstur kerutan yang terlihat lebih banyak pada bagian luar kulitnya. Kemudian dari segi ukuran, kurma ajwa asli memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil daripada kurma-kurma lain pada umumnya.

Warna

Umumnya, untuk membedakan kurma ajwa asli dan palsu, Moms juga dapat melihat dari warna kurmanya. Berbeda dengan kurma pada umumnya yang memiliki warna cokelat dan cokelat tua, kurma ajwa memiliki warna yang hitam pekat, namun ada juga yang warnanya merah.



Kurma ajwa memang bukan satu-satunya kurma yang berwarna hitam. Namun kurma lain warnanya tidak sepekat seperti kurma ajwa yang asli. Pedagang biasanya mengakali penjualannya dengan mencampurkan kurma ajwa asli dengan kurma biasa.

Rasa

Moms juga bisa membedakan kurma ajwa asli dan palsu melalui rasanya. Kurma ajwa yang asli memiliki rasa yang tidak terlalu manis bila dibandingkan dengan kurma lainnya. Jika saat Moms mencoba, kurma tersebut rasanya sangat manis, maka bisa dipastikan itu adalah kurma ajwa palsu.

Harga

Kurma ajwa asli biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan kurma pada umumnya. Satu kilogram buah kurma ajwa yang asli biasanya dibanderol dengan harga 300 ribu hingga 400 ribu rupiah. Karena itu, akan aneh jika ada penjual yang menawarkan kurma ajwa dengan harga murah, karena bisa jadi ia menjual kurma ajwa yang palsu. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: kurma,   kurma ajwa