Mother&Baby Indonesia
Makanan Penyebab Perut Kembung saat Berpuasa

Makanan Penyebab Perut Kembung saat Berpuasa

Moms, jenis makanan yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka puasa sangat memengaruhi aktivitas berpuasa Anda. Pasalnya, jika memilih menu yang salah risiko buruk pada pencernaan mungkin terjadi, salah satunya adalah perut kembung.

Beberapa jenis makanan memang jika dikonsumsi berlebihan dapat membuat produksi gas di dalam perut meningkat dan menjadi kembung. Lantas apa sajakah makanan yang dapat membuat perut kembung?

1. Olahan Susu




Susu dan olahannya memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, namun tidak semua orang bisa mencerna laktosa dengan baik. Kondisi ini disebut intoleransi laktosa, yakni kondisi yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan enzim laktase.

Akibatnya, laktosa tidak akan bisa dicerna secara optimal dan menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung. Namun, perlu ditekenkan bahwa tidak semua orang bisa mengalami efek kembung saat minum susu ya, Moms!

2. Beberapa Jenis Buah


Beberapa jenis buah mengandung serat yang tinggi, fruktosa dan sorbitol (zat yang menyebabkan gas berlebih). Buah-buahan tersebut adalah apel, nangka, durian, nanas, pir, dan persik. Meski demikian, buah-buahan ini memiliki banyak manfaat baik pula bagi tubuh. Jika Anda ingin memakan buah-buahan tersebut pikirkan waktu dan konsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, apalagi di saat bulan puasa.

3. Sayuran Kubis


Sayur-sayuran jenis kubis seperti brokoli, kubis, dan kol termasuk jenis sayuran yang bisa menyebabkan perut kembung. Hal ini dikarenakan sayuran tersebut mengandung raffinose, yakni zat gula yang harus difermentasi oleh bakteri di usus karena sulit dicerna. Sayuran tersebut memang punya banyak manfaat, tapi pemilik gangguan saluran cerna tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya pada saat puasa.



4. Kacang-kacangan


Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kacang-kacangan terutama kacang kering dan kacang tinggi serat dapat memproduksi gas berlebih. Meski demikian, Anda tetap bisa mengonsumsi kacang-kacangan kok, Moms, asal dalam porsi kecil dan tidak terlalu sering. Para ahli merekomendasikan agar konsumsi serat (termasuk kacang) dibarengi dengan minum air putih secukupnya, karena serat bisa menyerap air.

5. Cokelat


Moms, ternyata makanan favorit banyak orang, cokelat, juga menjadi penyebab perut kembung, lho! Pasalnya, cokelat dapat meningkatkan peregangan di lambung, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Meski lezat, lebih baik kita bijak dalam mengonsumsi cokelat di masa puasa ini, ya!

6. Soda


Sudah umum diketahui, bahwa soda memang kurang baik untuk dikonsumsi. Bukan ketika berpuasa saja, ketika tidak sedang berpuasa pun soda kurang baik dikonsumsi apalagi dalam jumlah yang berlebihan. Pasalnya, minuman ini mengandung banyak karbondisoksida yang bisa membuat perut kembung dan tidak nyaman. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: perut kembung,   makanan,   puasa










Cover April 2020