Mother&Baby Indonesia
Susu Kurma, Ini Manfaat bagi Tubuh dan Cara Membuatnya

Susu Kurma, Ini Manfaat bagi Tubuh dan Cara Membuatnya

Kurma merupakan makanan yang populer saat Ramadan, karena buah bercita rasa manis ini menjadi makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka. Selain dapat mengembalikan energi, kurma juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Namun, selain bisa Moms konsumsi langsung dalam bentuk buah, Anda juga bisa mengolahnya menjadi susu kurma. Ini bisa jadi cara baru untuk Moms dan keluarga menikmati kurma, lho. Apa saja manfaat susu kurma dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, Moms!

Manfaat Susu Kurma

Dilansir dari Sehatq.com, berikut beberapa manfaat susu kurma yang bisa Anda nikmati:



1. Menjaga jantung sehat

Kurma dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan mengatasi penyumbatan yang terjadi di arteri. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kalium dalam kurma terbukti efektif melawan penyakit jantung.

2. Mengatasi sembelit

Susu kurma diyakini dapat mengatasi sembelit. Serat dalam susu kurma dipercaya dapat mencegah sembelit. Serat akan menyisakan air dalam sistem pencernaan yang membuat kotoran menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

3. Membuat tulang kuat

Susu dikenal baik untuk tulang karena kaya akan kalsium. Dengan mencampurnya bersama kurma, nutrisi yang didapatkan tentunya akan semakin baik bagi tulang. Pasalnya, kurma juga tinggi akan kalsium, selenium, tembaga, dan magnesium. Tidak hanya memperkuat tulang, nutrisi ini juga akan menjaga kekuatan gigi dan mencegah osteoporosis.

4. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kombinasi kurma dengan susu dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem saraf. Kurma kaya akan vitamin B, kalium, dan natrium, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf tubuh.



5. Mengobati anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah akan membuat jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Susu kurma dipercaya dapat mengatasi kondisi ini karena kurma kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah merah dan sirkulasi darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan fungsi seksual

Kurma kaya akan asam amino yang diyakini dapat meningkatkan fungsi seksual. Buah ini dikenal sebagai afrodisiak alami yang dapat merangsang daya seksual seseorang. Padanan kurma dan susu membuatnya kaya akan flavonoid yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

7. Membuat kulit sehat

Meminum susu kurma adalah cara alami untuk membuat kulit Anda halus dan bercahaya. Kandungan vitamin C dan D di dalamnya memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet. Nutrisi tersebut juga bisa mencegah penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan kulit kering.

Cara Membuat Susu Kurma

Membuat susu kurma mudah sekali caranya, Moms. Untuk membuat segelas susu kurma segar, bahan yang diperlukan adalah 250 ml susu UHT, 3-5 butir kurma berukuran sedang, dan es batu jika Anda suka.

Untuk membuatnya, pisahkan kurma dari bijinya dan masukkan ke dalam blender bersama susu dan es batu. Lalu aduk dengan blender hingga halus. Setelah itu, tuangkan ke dalam gelas saji. Anda juga bisa menambahkan madu untuk memperkaya rasa, Moms. Selamat mencoba! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kurma,   susu kurma,   nutrisi,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020