Mother&Baby Indonesia
Yuk, Buat Sup Khas Korea untuk Menu Buka Puasa, Moms!

Yuk, Buat Sup Khas Korea untuk Menu Buka Puasa, Moms!

Tak terasa ya, Moms, kita sudah menjalani puasa lebih dari setengah bulan. Nah, apakah saat ini anggota keluarga di rumah sudah merasa bosan dengan menu buka puasa yang biasa Anda masak di rumah, seperti oseng tahu atau soto ayam dan menu khas Indonesia lainnya?

Kalau begitu, bagaimana jika Moms coba berinovasi dengan mengolah masakan khas Korea? Ada beberapa jenis sup yang rasanya segar, bahannya gampang didapat, serta cara mengolahnya mudah dan pasti bisa langsung Anda praktikkan di rumah. Intip rekomendasi menu sup ala Korea berikut ini, yuk!

Sup Rumput Laut

Rumput laut menjadi salah satu bahan yang cukup mudah dan sering diolah oleh orang Korea. Nama aslinya adalah miyeok guk, yaitu rumput laut kering dimasak bersama kaldu daging sapi yang telah ditumis dengan kecap kedelai sebelumnya. Untuk menambah variasi, Moms bisa menambahkan sayuran seperti kecambah sebagai tekstur tambahan.



Sup Kedelai

Nama asli sup ini adalah baechu doenjang guk. Doenjang sendiri adalah pasta kedelai yang difermentasi. Bumbu ini dimasak dengan air dari cucian beras yang kedua kali, dengan tujuan untuk menambah cita rasa khasnya. Sayuran yang dimasukkan bisa beragam jenis kubis, kemudian dicampur dengan nasi hangat dan beberapa lembar kimchi. Rasanya nikmat dan pas untuk jadi menu berbuka puasa.

Sup Iga Pendek


Sebagai pecinta Korea, Moms tentu pernah mendengan sup bernama galbitang. Ya, sup bening ini terbuat dari rebusan iga pendek sapi dan ditambahkan bawang merah, bawang putih, lobak Korea, serta jahe. Sup ini dianggap mewah, karena bahan dasarnya yang memang terbilang mahal, ya.

Tapi sebelum mengolahnya, Moms perlu merendam tulang iga dalam air dingin dahulu untuk mengeluarkan darah yang tersisa. Lalu, rebus untuk pertama kali selama 30 menit. Setelah itu, rebus lagi dengan api sedang hingga daging empuk ya, Moms.



Sup Kecambah Kedelai

Sup satu ini bukan berbahan dasar tauge yang berukuran kecil, tetapi kecambah kedelai yang memiliki bentuk lebih besar. Karena aslinya bernama kimchi kognamul guk, maka sup pun ditambahkan dengan kimchi, dengan kaldu sapi atau kaldu teri khas Korea. Sup ini kaya akan vitamin B, vitamin C, protein, serta ampuh meredakan flu yang mungkin Moms, Dads, atau Si Kecil alami saat ini.

Sup Ayam Korea

Daging ayam juga bisa dijadikan variasi sup lain yang khas akan citarasa Korea. Namanya dak gomtang, yaitu satu ekor ayam utuh yang dimasak dengan beberapa jenis sayuran aromatik serta menggunakan banyak bawang putih. Aromanya yang pasti enak akan semakin menggugah rasa lapar saat berbuka puasa nih, Moms.

Sup Daging Tulang

Seolleongtang adalah nama asli dari sup rebusan tulang kaki sapi. Sup ini umum juga dijadikan sebagai kaldu untuk ragam jenis makanan Korea lainnya, seperti tteokguk atau miyeokguk. Moms bisa menggunakan tulang sumsum, tulang buku jari, atau kaki sapi sebagai bahan dasar sup satu ini.

Jadi, Moms pilih sup lezat ala Korea yang mana untuk menu berbuka puasa nanti? (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   makanan,   korea,   sup,   buka puasa,   menu sehat










Cover Mei-Juni-Juli 2020