Mother&Baby Indonesia
5 Sayuran Merah yang Bermanfaat bagi Kesehatan

5 Sayuran Merah yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Moms, tahukah Anda jika bukan sayuran berwarna hijau saja yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga sayuran berwarna merah? Dikutip dari Web MD, banyak sayuran merah yang mengandung antioksidan kuat - seperti likopen dan antosianin - yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, osteoporosis, dan bahkan kanker. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini lima sayuran merah yang bermanfaat bagi kesehatan.

1. Bit

Dikutip dari Healthline, menurut United States Department of Agriculture (USDA), bit adalah salah satu sayuran kaya antioksidan. Bit juga merupakan sumber kalium, folat, serat, nitrat, dan vitamin C. Berdasarkan sebuah studi baru-baru ini, bit dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan ketahanan tubuh.

Anda dapat mengonsumsi bit dengan cara dipanggang menggunakan minyak sehat atau dijadikan sebagai jus. Para peneliti menyarankan untuk menghindari minum jus bit ini setiap hari, karena dapat menyebabkan kelebihan konsumsi. Cobalah minum jus ini beberapa kali dalam seminggu. Kombinasi juga jus bit dengan buah dan sayuran lainnya untuk menambah rasa dan nutrisi serta untuk menghindari konsumsi berlebihan.



2. Selada Merah

Selada merah mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu memperlambat penuaan dan menurunkan risiko penyakit kanker. Ini dikarenakan menurut Academy of Nutrition and Dietetics selada merah mengandung nutrisi seperti antioksidan dan vitamin B6 yang tinggi, serta dapat memenuhi hampir setengah dari kebutuhan harian Anda untuk vitamin A dan K. Selain itu, selada merah juga memiliki kandungan air sebesar 95 persen air, sehingga dapat mencegah dehidrasi.

3. Kubis Merah

Meskipun warnanya lebih cenderung terlihat ungu dibandingkan merah, namun sayuran ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Warna gelap yang dimiliki kubis merah berasal dari antosianin, yakni antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko gangguan otak, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Kubis merah mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, K, A, dan B6, serat, kalium, dan mangan. Untuk mendapatkan nutrisi secara optimal, Anda dapat mengonsumsi kubis merah dalam keadaan mentah. Namun, jika ingin mengukus sayur kubis merah, Anda disarankan untuk menggunakan sedikit air dan kukus dalam waktu singkat, untuk mempertahankan sebanyak mungkin antosianin, glukosinolat, dan nutrisi lainnya.



4. Lobak Merah

Dikutip dari Healthline, lobak merah merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C, folat, kalium, dan antioksidan yakni antosianin, yang dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga aliran darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta membuat organ hati berfungsi dengan baik. Lobak merah juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu Anda merasa lebih cepat kenyang dan dapat membantu kinerja sistem pencernaan. 

5. Kentang Merah

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kentang merah kaya kalium, vitamin C, tiamin, dan vitamin B6. Kandungan di dalam kentang merah inilah yang membuat sayuran merah ini dapat membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, mengendalikan tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, serta baik untuk kesehatan kulit dan gigi.

Hebatnya lagi, kulit kentang merah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ini karena kulit kentang merah mengandung antioksidan dua hingga tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan kentang putih. Kandungan antioksidan tinggi ini dinilai sangat baik untuk melawan radikal bebas. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: sayuran merah,   kesehatan,   nutrisi