Mother&Baby Indonesia
Manfaat Baik Tinta Cumi-cumi untuk Kesehatan

Manfaat Baik Tinta Cumi-cumi untuk Kesehatan

Moms, ternyata tinta hitam pada cumi-cumi juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho! Tinta cumi-cumi memang bisa kita konsumsi sebagai bumbu masakan yang berguna untuk memberi warna dan rasa gurih pada makanan. Yuk, ketahui sejumlah manfaat baik yang tersimpan dalam tinta cumi-cumi berikut ini, Moms.

1. Melawan Radikal Bebas

Pada tinta cumi-cumi terkandung melanin yang memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidan ini merupakan zat yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Telah lama diketahui bahwa radikal bebas mampu memicu munculnya beragam penyakit, contohnya penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Bahkan dalam sejumlah studi ditunjukkan bahwa tinta ini mampu mengurangi ukuran tumor sekaligus penyebaran sel-sel kanker.

2. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Tinta cumi juga bermanfaat pada kesehatan mulut dan gigi Anda, lho, Moms! Tinta cumi memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri patogen yang memicu penyakit pada manusia. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak tinta cumi dapat menetralkan bakteri penyebab plak gigi. Beberapa contoh bakteri tersebut meliputi Streptococcus mutans, Candida albicans, Actinomyces viscosus, dan Lactobacillus acidophilus.



3. Meredam Efek Kemoterapi

Selain sifat antioksidan yang dapat menghindarkan tubuh kita dari kanker, tinta pada cumi-cumi juga mengandung zat polisakarida yang diketahui bisa melindungi tubuh dari efek samping kemoterapi. Disebutkan juga bahwa tinta cumi dapat meningkatkan kadar eritrosit, leukosit, dan hemoglobin pada orang yang mengalami efek samping kemoterapi.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi orang yang sering mengalami tekanan darah tinggi, konsumsi tinta cumi-cumi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa ada senyawa tertentu dalam tinta ini yang diduga mampu merangsang agar pembuluh darah melebar. Hal ini kemudian bisa menurunkan tekanan darah.



5. Mengatasi Tukak Lambung

Sejumlah penelitian yang dilakukan pada hewan memperlihatkan bahwa tinta cumi dapat menurunkan produksi asam lambung. Kebaikan tersebut menciptakan manfaat tinta cumi yang diduga baik untuk mengatasi tukak lambung.

Pasalnya, kadar asam lambung yang terlalu banyak bisa menjadi salah satu faktor risiko dari terbentuknya tukak ini. Namun, tentu untuk hal ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, karena penelitian tersebut baru melibatkan hewan sebagai bahan percobaan. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   cumi-cumi,   tinta cumi-cumi