Mother&Baby Indonesia
Awas! Ini Bahaya Minum Es Teh Manis saat Buka Puasa

Awas! Ini Bahaya Minum Es Teh Manis saat Buka Puasa

Bagi kebanyakan orang, khususnya masyarakat Indonesia, salah satu minuman wajib yang sudah tersaji di atas meja jelang berbuka puasa adalah es teh manis. Minuman ini memang menjadi pelepas dahaga yang digemari oleh berbagai kalangan.

Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi es teh manis saat berbuka malah bisa memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh? Nah, berikut ini 5 bahaya jika Anda terlalu banyak dan sering minum es teh manis saat berbuka puasa!

1. Sulit Dicerna Lambung




Setelah menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, minuman yang menyegarkan tubuh seperti es teh manis memang jadi lebih menggiurkan. Akan tetapi, mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa akan lebih lama terserap oleh lambung.

Hal ini karena lambung membutuhkan proses penyesuaian suhu untuk dapat mengusir rasa haus dan menggantikan cairan tubuh. Akibatnya, asam lambung akan naik ke esofagus dan menyebabkan nyeri pada lambung.

Minuman dingin saat berbuka rasanya memang akan sangat menyegarkan tubuh. Akan tetapi, perlu Anda ketahui juga jika lambung membutuhkan waktu untuk melakukan proses pengasaman setelah tidak diisi asupan selama seharian.

2. Kadar Gula Tinggi


Kandungan gula dalam es teh manis memang tidak masalah jika dikonsumsi bagi orang dengan kondisi tubuh yang sehat, karena selama berpuasa biasanya kadar gula darah turun dengan signifikan. Minum es teh manis saat berbuka diharapkan bisa mengembalikan keseimbangan kadar gula darah di tubuh.

Meskipun begitu, terlalu banyak atau sering mengonsumsi es teh manis justru bisa berbahaya bagi kesehatan karena meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini tidak lain karena kandungan gula dalam es teh manis yang sangat tinggi, apalagi jika yang digunakan adalah pemanis buatan.



3. Memicu Kenaikan Berat Badan

Setelah mengonsumsi minuman manis, kita sebaiknya tidak keterusan mengonsumsi makanan manis, seperti kue atau biskuit. Jika kita melakukannya saat berbuka, bisa jadi hal ini malah akan memicu peningkatan berat badan dengan signifikan.

4. Membuat Kembung dan Bahaya untuk Ginjal


Selain bisa menyebabkan perut kembung karena kebanyakan minum, terlalu banyak minum es teh manis dikhawatirkan juga bisa menyebabkan masalah pada organ ginjal. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam oksalat di dalam teh. Jika dikonsumsi terlalu banyak, dikhawatirkan kandungan ini akan mengendap di dalam ginjal dan akhirnya meningkatkan risiko terkena batu ginjal yang menyakitkan.

5. Rentan Terkena Dehidrasi


Selain kandungan gulanya, es teh manis ternyata merupakan minuman yang kaya akan kandungan kafein. Kandungan kafein pada teh manis justru akan membuat tubuh kita mudah mengalami dehidrasi. Jadi, jika seseorang langsung minum es teh manis ketika berbuka, alih-alih kebutuhan cairannya terpenuhi, tubuhnya rentan terkena dehidrasi akibat kafein di dalam teh. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: es teh manis,   puasa,   nutrisi,   kesehatan,   buka puasa










Cover April 2020