Mother&Baby Indonesia
6 Buah yang Disebut di Dalam Al-Qur’an dan Manfaatnya

6 Buah yang Disebut di Dalam Al-Qur’an dan Manfaatnya

Moms, di dalam kitab suci agama Islam, Al-Qur’an, tertuang segala tuntunan dan petunjuk bagi manusia untuk melaksanakan kehidupan di dunia dan akhirat, tak terkecuali mengenai makanan yang biasa dikonsumsi oleh kita.

Ternyata di dalam Al-Qur’an juga disebutkan beberapa nama buah yang tentunya memiliki keutamaan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah buah yang disebut di dalam Al-Quran tersebut? dan bagaimana manfaatnya? Berikut ini penjelasannya.

Kurma




Buah kurma muncul di dalam sejumlah surah dalam Al-Qur’an. Dalam surah Maryam, misalnya, dijelaskan bahwa kurma merupakan buah yang pohonnya tumbuh di padang gersang bersuhu panas dan banyak manfaatnya. Allah mengindentifikasikan khasiat penyembuhan dari buah ini dengan menceritakan pada Maryam, yang sedang menghadapi persalinan, supaya memakan daging buah kurma.

Kurma juga menjadi salah satu buah yang memiiki beragam manfaat bagi tubuh, seperti menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit. Mengkonsumsi kurma juga baik untuk kesehatan otak dan tulang serta kaya  fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

Anggur


Anggur disebut beberapa kali di dalam Al-Qur’an. Selain memiliki rasa yang lezat, buah anggur juga mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya kandungan polifenol dalam anggur yang membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi. Tidak hanya berguna untuk kesehatan jantung, polifenol pada buah anggur juga dapat memperlambat dan mencegah berbagai jenis kanker.

Delima


Delima juga disebut dalam Al-Qur’an. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Memiliki nama latin Punica granatum, buah ini merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah yang memiliki diameter sekitar 5-12 cm ini mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K.

Buah delima juga mengandung aneka mineral, yaitu kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol dan antosianin. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi setiap hari.



Zaitun


Buah zaitun juga menjadi buah yang berulang kali disebut dalam Al-Qur’an. Benar saja, buah ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zaitun biasanya diekstraksi menjadi minyak atau juga disebut dengan olive oil.

Tak hanya dapat dikonsumsi dalam bentuk minyak, buah yang berwarna hijau atau ungu kehitaman ini juga bermanfaat jika dikonsumsi langsung. Manfaat buah zaitun berasal dari nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organiknya, termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan berbagai antioksidan. Selain itu, buah zaitun juga memiliki indeks glisemik yang rendah.

Tin


Dikenal juga dengan nama Fig atau Ara, buah yang satu ini disebut dalam Surah At-Tiin. Buah Tin mengandung unsur gula yang sangat tinggi dan juga mengandung mineral utama, seperti kalsium, fosfor, besi dan sejumlah vitamin, seperti vitamin A dan B. Selain itu, buah tin juga mengandung vitamin K yang masuk dalam proses pembekuan darah dan berfungsi menghentikan pendarahan.

Pisang


Buah pisang adalah buah yang disebut dalam Al-Qur’an sebagai salah satu buah-buahan surga. Seperti telah banyak diketahui, nutrisi yang terkandung di dalam pisang antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium (kalium), dan magnesium. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka banyak pula manfaat pisang yang bisa diperoleh tubuh. (Binar MP/SW/Dok.Freepik)



Tags: kurma,   pisang,   fig,   tin,   zaitun,   delima,   buah dalam al-qur’an