Mother&Baby Indonesia
Tips Tepat Memasak Daun Singkong

Tips Tepat Memasak Daun Singkong

Daun singkong atau daun ketela sering dikonsumsi oleh masayarakat Indonesia sebagai sayur ataupun lalapan pendamping makan utama. Sayuran ini banyak digemari karena memiliki rasa yang enak apalagi jika dipadukan dengan kuah sayur yang gurih. Tak hanya lezat, daun singkong juga dikenal kaya akan antioksidan yang ampuh mencegah kanker hingga asam amino esensial yang siap meregenerasi sel tubuh.

Namun, untuk mendapatkan kandungan nutrisi dan rasa lezatnya, ada teknik khusus dalam mengolah daun singkong, Moms. Pasalnya, seringkali terdapat kesalahan saat mengolah dan memasak daun singkong yang membuat daun menjadi tidak empuk dan berubah warna menjadi gelap dan tidak tampak segar. Berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa kita pakai agar daun singkong bisa tetap hijau dan tidak pahit saat dimasak.

Gunakan Daun yang Muda

Anda disarankan untuk memilih daun singkong yang masih muda dan segar. Selain memiliki tekstur yang lebih empuk, daun singkong muda juga memiliki warna yang lebih menarik. Daun singkong yang sudah tua juga sebenarnya masih tetap bisa dikonsumsi, hanya saja daun tersebut hasilnya akan lebih liat dan proses perebusannya akan memakan waktu lebih lama.



Masak di Air Mendidih

Ketika hendak memasak daun singkong, pastikan untuk menunggu air sampai betul-betul mendidih, baru setelah itu daun singkong dimasukkan. Air yang mendidih tersebut akan membuat daun singkong lebih cepat empuk, layu, dan tidak berbau.

Tak Perlu Tutup Panci

Ketika Moms merebus daun singkong, tak perlu menutup panci rebusan. Biarkan saja panci terbuka. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna daun singkong tetap hijau segar, tidak menghitam. Ketika panci dibuka, maka uap air bisa keluar dan tidak tercampur ke dalam rebusan.



Tambahkan Sedikit Garam dalam Rebusan

Untuk menetralkan rasa pahit yang mungkin dimiliki daun singkong, kita bisa pakai dan tambahkan sedikit garam. Tak perlu banyak-banyak, bisa 1 sendok teh (atau kurang) untuk 1 liter air. Kita bisa aduk-aduk rebusan memakai garpu atau sendok untuk mempercepat proses pematangan. Garam dapat membuat tekstur daun singkong menjadi lebih empuk serta membuat cita rasanya menjadi lebih gurih ketika disantap.

Peras Air Rebusan

Setelah daun singkong matang, Moms bisa langsung tiriskan lalu peras air rebusan. Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa pahit daun singkong. Setelah diperas, daun singkong pun siap diolah jadi hidangan yang kita inginkan. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   daun singkong










Cover Mei-Juni-Juli 2020