Mother&Baby Indonesia
Trik Memilih dan Menyimpan Kurma supaya Tahan Lama

Trik Memilih dan Menyimpan Kurma supaya Tahan Lama

Kurma menjadi makanan yang populer ketika Ramadan tiba. Pasalnya, buah bercita rasa manis ini menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain dapat mengembalikan energi, kurma juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Meskipun begitu, ada berbagai macam dan jenis kurma yang dijual di pasaran. Jangan sampai Moms salah memilih karena tidak semua kurma bisa awet dan tahan lama. Nah, untuk memudahkan Anda, berikut cara memilih dan menyimpan kurma, Moms.

Cara Memilih Kurma

1. Pilih yang memiliki tekstur kenyal



Saat hendak membeli kurma, jangan lupa untuk memperhatikan teksturnya ya, Moms. Biasanya, buah kurma yang masih segar memiliki tekstur yang kenyal walaupun kulitnya berkerut. Selain itu, kurma yang kualitasnya baik akan terlihat padat dengan permukaan kulit sedikit mengkilat.

2. Adanya bercak putih

Kurma memiliki kandungan gula yang tinggi. Nah, kandungan gula yang terdapat dalam kurma ditandai dengan adanya bercak putih pada permukaan kulitnya. Bercak putih ini merupakan kandungan gula dalam kurma yang mengkristal. Jika bercak tersebut hanya terlihat sedikit, berarti kurma masih belum terlalu lama, tetapi jika bercak putih sudah berubah menjadi kristal dan keras, berarti kurma sudah terlalu lama.

3. Pertimbangkan aromanya

Aroma juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih kurma. Buah ini punya aroma manis dan segar. Namun jika Moms mencium aroma asam dan tajam di kurma, itu berarti kurma sudah agak lama dan kualitasnya sudah tidak begitu bagus lagi.



Cara Menyimpan Kurma agar Awet dan Tahan Lama

1. Simpan dalam wadah kedap udara

Jika disimpan dengan baik, kurma kering dapat bertahan hingga tiga bulan di suhu ruang dan satu tahun jika dimasukkan ke dalam lemari es. Apabila Moms ingin mengonsumsinya di bulan puasa ini, cukup simpan kurma dalam wadah kedap udara agar tekstur dan rasanya tetap terjaga serta taruh di suhu ruang.

Namun, tak ada salahnya juga jika Anda ingin memasukkannya ke dalam lemari es supaya lebih awet. Hanya, pastikan untuk mengeluarkan kurma dari lemari es dan tunggu beberapa saat sebelum mengonsumsinya, ya.

2. Simpan di dalam freezer

Cara lain menyimpan kurma agar lebih awet dan tahan lama adalah dengan membekukannya di dalam freezer. Tenang saja Moms, meskipun dibekukan, rasa dan tekstur kurma tidak akan berubah. Jika ingin menyantap kurma yang sudah dibekukan, Anda cukup merendamnya di dalam air hangat untuk membuatnya kembali empuk. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kurma