Mother&Baby Indonesia
Manfaat Keju untuk Ibu Menyusui

Manfaat Keju untuk Ibu Menyusui

Keju menjadi salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan Moms dan juga bayi. Karena itu, Moms disarankan untuk mengonsumsi keju selama masa menyusui untuk membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil.

Meski memiliki banyak kandungan nutrisi, perlu diingat juga untuk memperhatikan keju apa yang Anda konsumsi ya, Moms. Keju yang dianjurkan untuk dikonsumi adalah keju bertekstur keras seperti cheddar, keju semi-lembut seperti mozzarella, atau keju yang telah melalui proses pasteurisasi (bukan merupakan keju yang terbuat dari susu mentah).

Beberapa jenis keju tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri Listeria yang berbahaya. Moms bisa mengombinasikan keju dengan makanan sehat lainnya seperti salad, sup, ataupun roti. Nah, berikut ini sejumlah manfaat keju untuk ibu menyusui.




Kaya Kalsium

Ibu menyusui setiap harinya membutuhkan kalsium sebanyak 600-800 miligram per hari, sementara bayi membutuhkan kalsium yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan tulang dan giginya. Kekurangan kalsium pada ibu menyusui tidak hanya dirasakan oleh sang ibu namun juga bayi, sebab ibu adalah sumber nutrisi utama untuk bayi.

Keju sangat bagus untuk dikonsumsi harian, karena dapat memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu. Untuk itu, keju perlu dimasukkan dalam daftar menu harian Moms sewaktu menyusui, karena selain kandungan kalsiumnya cukup tinggi, keju pun kaya vitamin B yang bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan.



Mencegah Stres

Moms, keju juga baik untuk membantu Anda terhindar dari stres, lho! Kandungan tryptophan dan asam amino membantu menurunkan kadar stres ibu menyusui yang kelelahan setelah seharian menjaga buah hati. Mengonsumsi keju diketahui juga dapat membantu metabolisme tubuh yang kelelahan karena kurang tidur dan insomnia serta menghindarkan Moms mengalami stres setelah melahirkan atau sering dikenal dengan istilah baby blues.

Menjaga Imunitas Tubuh

Keju juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh Anda, Moms. Hal ini dikarenakan adanya kandungan protein di dalam keju. Salah satu gejala kekurangan protein yang perlu Moms tahu adalah rambut rontok pada saat menyusui. Konsumsi keju berguna unttuk mendapat tambahan asupan protein guna menunjang kekebalan tubuh sehingga Anda dan Si Kecil juga tidak mudah terserang penyakit.

Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Kandungan fosfor pada keju dapat membantu proses pencernaan supaya lancar juga efektif. Fosfor akan merangsang pencernaan riboflavin dan niacin supaya dapat terserap lebih maksimal. Kandungan fosfor dalam keju selain membantu penyerapan vitamin dan mineral lainnya juga membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, dan juga membantu buang air besar secara teratur yang pada akhirnya mengurangi resiko kanker pada usus karena makanan yang sulit dicerna dengan baik, serta dapat meningkatkan fungsi ginjal karena racun dapat dikeluarkan dari tubuh setiap hari dengan baik. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: keju,   ibu menyusui,   nutrisi