Mother&Baby Indonesia
Catat! Ini 5 Makanan Pencegah Jerawat

Catat! Ini 5 Makanan Pencegah Jerawat

Kemunculan jerawat bisa jadi musibah bagi seorang wanita karena dapat mengganggu penampilan dan merusak kulit wajah. Jerawat sendiri terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang kemudian meradang.

Kemunculan jerawat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, kelelahan, perubahan cuaca, ataupun hormon, baik ketika pubertas maupun hormon ketika hamil. Tapi jangan sedih Moms, karena jerawat bisa kita cegah dengan sejumlah makanan. Lima makanan berikut ini jika kita konsumsi bisa mencegah munculnya jerawat di wajah kita, Moms.

1. Makanan yang Mengandung Probiotik

Kandungan probiotik dalam makanan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk mencegah kemunculan jerawat. Makanan yang mengandung probiotik contohnya adalah tempe, susu, keju, miso, dan masih banyak lagi.



Probiotik dalam makanan akan membuat pencernaan dalam usus berjalan lebih baik. Jika pencernaan dalam usus berjalan dengan baik, maka kotoran akan terbuang dan pastinya bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jerawat dapat muncul diakibatkan oleh kotoran atau racun yang menumpuk pada tubuh kita.

Baca juga: 7 Makanan Mengandung Probiotik yang Baik bagi Tubuh

2. Alpukat


Buah satu ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Alpukat kaya akan vitamin E yang bisa meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga menjaganya tetap awet muda lho, Moms! Alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mengurangi peradangan kulit dan merupakan pelembap alami untuk kulit.

3. Teh Hijau

Rajin mengonsumsi teh hijau bermanfaat baik untuk kesehatan, juga untuk mengatasi kulit berjerawat. Kandungan antioksidan dalam teh hijau bisa mendorong proses detoksifikasi wajah yang berjerawat, karena apabila racun dalam tubuh hilang, maka jerawat tidak akan muncul. Tak hanya itu, teh hijau juga mempercepat penyembuhan serta meredakan inflamasi dari dalam.

4. Kacang-kacangan




Kekurangan mineral seperti zinc dan selenium dapat menjadi penyebab seseorang berjerawat. Asupan mineral tersebut ternyata bisa dengan mudah kita dapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, serta zat besi, yang semuanya baik untuk kesehatan kulit.

5. Brokoli


Jenis sayuran ini menjadi sayuran yang digemari banyak orang. Tak hanya enak, brokoli juga merupakan makanan pembersih kulit alami yang sempurna. Pasalnya, brokoli dilengkapi dengan vitamin A, B, C, E, dan K yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai antioksidan yang terkandung dalam brokoli akan membantu melawan kerusakan kulit serta membuat kulit Anda jadi lebih bercahaya lho, Moms! (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: jerawat,   kesehatan kulit,   wajah,   nutrisi,   kulit sehat










Cover April 2020