Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan Tubuh

Timun suri adalah salah satu buah khas di bulan Ramadan. Buah ini merupakan buah musiman yang selalu muncul saat bulan puasa tiba. Buah berbentuk oval dengan warna kuning keemasan ini memiliki rasa lembut dan menyegarkan.

Selain cocok sebagai sajian untuk berbuka puasa, timun suri ternyata juga memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya lho, Moms. Berikut ini sejumlah kebaikan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumi timun suri.

1. Mencegah Penyakit Diabetes

Tanaman berjenis Cucurbitaceae, seperti timun, timun suri, dan melon mengandung zat yang disebut dengan Cucurbita ficifolia. Zat ini dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh secara drastis.



Kandungan timun suri juga memiliki indeks glikemik rendah, yang artinya dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh Anda meski tidak mengandung karbohidrat ataupun zat yang dapat membuat kadar gula darah meroket. Maka dari itu, buah satu ini sangat baik untuk mencegah diabetes dan dikonsumsi oleh penyandang diabetes.

2. Sebagai Sumber Antioksidan

Timun suri juga mengandung beberapa zat antioksidan, seperti vitamin C, betakaroten, flavonoid, triterpen hingga lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C juga terkenal akan manfaat sistem kekebalan tubuh, dan betakaroten terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata.

3. Baik untuk Pencernaan

Pada timun suri terkandung banyak air dan serat yang melimpah. Maka, tak heran jika buah yang satu ini juga baik untuk sistem pencernaan. Tak hanya itu, teksturnya yang lembut membuat usus tak keberatan untuk mencerna buah ini. Jadi, buah ini sangat cocok dimakan saat berbuka puasa ketika perut kita masih kosong setelah seharian berpuasa.



4. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat lain dari timun suri adalah kandungan senyawa saponin yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Saponin merupakan sumber antioksidan alami yang bisa menghancurkan radikal bebas dalam tubuh.

5. Baik untuk Persendian

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata timun suri dapat menjaga kesehatan persendian. Hal ini karena kandungan silica dari timun suri. Silica dibutuhkan tubuh agar sendi tetap kuat serta sehat. Selain itu, kandungan vitamin A, B1, B6, C, D, kalsium, folat, dan magnesium berguna untuk mengatasi gangguan rematik.

6. Detoksifikasi Tubuh

Timun suri mengandung banyak serat dan air, kandungan ini dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun yang bersumber dari polusi, makanan, dan minuman, bisa menumpuk di organ-organ penting tubuh. Apabila tidak segera dikeluarkan, maka hal itu bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

7. Mencegah Alzheimer

Kandungan vitamin K pada timun suri dapat mencegah penyakit alzheimer lho, Moms! Vitamin K berperan sebagai obat dalam membatasi kerusakan neuronal di otak, yang nantinya akan berpengaruh dalam pencegahan alzheimer. Selain itu, timun suri juga bisa meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteoprotik pada persendian. (Binar Murgati P/SW/Dok. Freepik)



Tags: timun suri,   nutrisi,   puasa,   ramadan