Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Anda

Ini Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Anda

Blewah menjadi salah satu buah yang paling sering dicari saat bulan Ramadan tiba. Rasa daging buahnya yang manis dan menyegarkan cocok disajikan dalam bentuk es buah yang bisa dinikmati ketika waktu berbuka tiba.

Akan tetapi, tak hanya menyegarkan untuk menu buka puasa lho, Moms, blewah ternyata juga mengandung banyak vitamin yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh kita. Berikut ini 5 manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh.

Sumber Vitamin A dan C

Buah blewah kaya dengan kandungan vitamin A dan C. Kandungan vitamin A pada blewah memiliki sifat antioksidan yang juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko terkena gangguan mata terkait penuaan.



Sedangkan kandungan vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin ini pada blewah bisa mencegah penyakit flu, kekebalan tubuh jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

Menyehatkan Janin

Asam folat juga terkandung dalam buah blewah. Adanya kandungan ini menjadikan blewah sebagai buah yang sangat baik bagi ibu hamil karena mampu menyehatkan janin. Tak hanya itu, mengonsumsi buah blewah saat hamil juga dapat membantu mengurangi risiko perempuan hamil menderita anemia. Hal ini karena kandungan zat besi dan vitamin C dalam blewah cukuplah tinggi.



Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Sekitar 90 persen kandungan buah blewah adalah air, sehingga buah ini dapat menjauhkan kita dari dehidrasi akibat kekurangan asupan cairan dalam tubuh. Jadi buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang yang berbuka puasa, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

Baik untuk Pencernaan

Moms, mengonsumsi buah blewah juga membawa manfaat bagi kesehatan saluran cerna. Selain karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, blewah juga tinggi akan kandungan air sehingga dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Buah blewah juga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit, tak terkecuali sembelit di bulan puasa lho, Moms!

Menurunkan Tekanan Darah

JIka Moms memiliki riwayat penyakit hipertensi, Anda disarankan mengonsumsi buah blewah secara rutin untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Blewah mengandung kalium yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh dan memungkinkan otot-otot tubuh bisa berkontraksi dengan baik. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   blewah,   puasa,   ramadan,   buka puasa










Cover April 2020