Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Metode Diet Paleo

Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Metode Diet Paleo

Untuk menjaga berat badan atau mengembalikannya ke berat ideal memang ada banyak cara. Salah satunya adalah dengan melakukan metode diet paleo yang dianggap bisa mencegah obesitas. Tapi, ternyata para ahli mempertanyakan kesesuaian nutrisi dan keakuratan diet ini. Lalu, apakah diet paleo benar-benar ampuh menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal?

Mengenal Diet Paleo

Diet Paleo adalah metode diet di mana Anda mengonsumsi makanan yang hanya diburu, layaknya manusia yang hidup lebih dari 10.000 tahun lalu. Bahan makanan tersebut adalah daging, ikan, kerang, unggas, telur, sayur, dan buah-buahan. Sedangkan makanan yang tidak boleh dikonsumsi adalah biji-bijian, kacang-kacangan, susu, serta gula dan garam.

Namun ternyata, setiap orang yang melakukan diet paleo memiliki caranya masing-masing. Misalnya ada yang tidak mengonsumsi makanan olahan sama sekali, atau beberapa lainnya tetap mengonsumsi bahan makan yang telah melalui proses sebelumnya dan dijual di pasaran.



Risiko Melakukan Diet Paleo


Saat Anda melakukan diet ini, maka makanan utama yang dikonsumsi adalah daging, terutama daging merah. Apabila tidak ada pembatasan saat memakannya, kandungan lemak jenuh yang tinggi di dalamnya justru dapat meningkatkan risiko penyakit lain, seperti kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Selain itu, diet ini juga membuat Anda tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, serat, serta protein nabati. Padahal, jenis nutrisi tersebut juga penting untuk tubuh, sebagai sumber energi, menjaga kesehatan pencernaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.



Kebutuhan susu yang tidak termasuk dalam daftar makanan diet paleo juga berisiko tubuh mengalami kekurangan kalsium. Alhasil, ini akan berdampak pada kesehatan tulang Anda yang tentu tidak akan selamanya kuat menopang tubuh.

Bolehkah Menjalani Diet Paleo?

Setelah mengetahui penjelasan di atas, sebenarnya banyak ahli gizi yang tidak menyetujui seseorang melakukan diet paleo. Sebab, tubuh akan lebih berisiko menerima lemak jenuh yang tinggi dibanding nutrisi lain yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

“Diet paleo dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi secara keseluruhan itu tidak seimbang. Namun jika Anda tetap ingin melakukannya, pastikan telah berkonsultasi dengan ahli untuk mendapatkan penjelasan lengkap mengenai diet paleo ini,” jelas ahli diet, Sophie Medlin, dilansir dari BBC.

Tak hanya soal berkonsultasi dan menjaga pola makan, hal penting lain untuk bisa menjaga berat badan tetap ideal adalah tentu dengan berolahraga secara rutin. Jadi, metode diet apa pun bisa berhasil dengan maksimal dan tubuh tetap sehat serta bugar saat menjalani aktivitas setiap hari. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: diet,   diet paleo,   kesehatan










Cover April 2020