Mother&Baby Indonesia
Nutrisi Alami untuk Menjaga Kesehatan Anak saat Puasa

Nutrisi Alami untuk Menjaga Kesehatan Anak saat Puasa

Moms, pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup setiap harinya. Zat gizi ini diperoleh dari makanan dengan gizi seimbang yang mendukung pertumbuhan sang anak.

Menurut Yulaika Widhiastuti, Ahli Gizi, kebutuhan energi rata-rata adalah 2.000 kkal/hari, begitu pun untuk Si Kecil. Saat berpuasa Ramadan, kebutuhan energi yang dibutuhkan tiap orang sebetulnya sama dengan bulan-bulan lainnya, hanya waktu makannya yang berubah jadwalnya, yakni saat sahur dan setelah berbuka puasa. Karena itu, penting untuk tetap memenuhi kebutuhan energi melalui makanan bernutrisi setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Asupan Wajib untuk Si Kecil

Lalu, apa saja sih, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk Si Kecil agar tubuhnya tetap sehat dan kuat saat menjalani puasa?



Para nutrisionis menyebutkan asam lemak omega-3 dan omega-6 sangat penting bagi tubuh bukan tanpa alasan, Moms. Tubuh manusia sangat membutuhkan keduanya untuk membangun sel-sel di dalam tubuh hingga memelihara fungsi otak dan saraf. Omega-3 dan omega-6 sangat penting dikonsumsi oleh anak agar pertumbuhannya menjadi optimal. Tidak hanya itu, omega-3 dan omega-6 juga mampu mengurangi risiko masalah jantung, diabetes tipe 2, alzheimer, maupun masalah-masalah yang berhubungan dengan otak di masa tua. Selain itu, Si Kecil pun membutuhkan asupan vitamin lengkap, seperti vitamin A, B1, B2, D, E dan Niasin (B3).

Bahan Alami untuk Menjaga Kecukupan Nutrisi

Mengonsumsi makanan sehat sangat membantu Si Kecil untuk memenuhi kebutuhan gizinya, karena tidak semua zat gizi bisa diproduksi oleh tubuh. Nah Moms, salah satu zat gizi esensial tersebut tersedia di margarin Blue Band yang memiliki omega-3 dan omega-6 serta berasal dari sumber lemak nabati yang baik. Omega-3 dan omega-6 merupakan asam lemak esensial, yang berarti tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri sehingga diperlukan asupan dari luar, yaitu makanan, yang salah satunya dapat diperoleh dari Blue Band.


Setia menjadi sahabat para Moms di Indonesia lebih dari 85 tahun, Blue Band selalu hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Kini di awal tahun 2020, Blue Band memperkenalkan kemasan baru dan mempertegas posisinya sebagai margarin satu-satunya di Indonesia dengan omega-3 dan omega-6, dan dilengkapi 6 vitamin (A, B1, B2, D, E dan Niasin), serta kandungan plant-based dari minyak bunga Canola. Dari keunggulan sumber bahan alami ini, Blue Band turut membantu jaga nutrisi keluarga Indonesia.

“Dengan Blue Band menjadi bagian dari Upfield, semakin memperkuat inovasi kualitas produk Blue Band melalui hadirnya plant-based bunga Canola. Kandungan plant-based ini memperkuat keunggulan margarin yang lebih baik dan alami untuk mendukung gaya hidup sehat karena berbahan dasar nabati, mengandung lemak baik serta tidak mengandung lemak trans berbahaya sehingga baik untuk seluruh anggota keluarga. Mari kita jaga nutrisi seluruh anggota keluarga untuk mendukung kesehatannya,” ujar Willya Suwito, Regional Marketing Director Upfield Indonesia.



Upfield sendiri adalah perusahaan produk plant-based terbesar di dunia yang menjadi pioner dalam kategori makanan olesan (spreading) berbasis nabati. Upfield memiliki misi “A Better Plant-based Future”, yakni menciptakan masa depan yang lebih baik dengan makanan berbahan dasar nabati. Hingga kini, Upfield telah beroperasi di 95 negara, termasuk di Indonesia.

Inspirasi menu sehat dan bernutrisi saat Ramadan

Moms masih sering kehabisan ide untuk sajian sehat dan lezat di bulan Ramadan? Untuk membantu menjaga nutrisi keluarga Indonesia, bekerja sama dengan Chef Blue Band, Dhani Kurnia, Blue Band memperkenalkan aneka resep bernutrisi yang bisa Moms coba. Tak hanya itu, untuk memastikan nilai nutrisinya sehingga memudahkan Moms menyiapkan makanan bernutrisi, Blue Band juga menggandeng Ahli Gizi, Yulaika Widhiastuti.

Resep bernutrisi yang diberikan adalah Kentang Panggang ala Blue Band dengan kandungan nilai nutrisi 432 kkal yang cocok untuk sarapan anak di pagi hari, Dori Panggang Keju ditambah nasi 150 gr dengan nilai nutrisi 621 kkal sangat baik untuk kebutuhan nutrisi anggota keluarga di siang hari, dan Nugget Ayam Korea dengan nilai nutrisi 777 kkal untuk makan malam. Ketiga menu di atas dapat dijadikan inspirasi dalam menyiapkan makan sahur ataupun makan malam selama bulan Ramadan.


Dhani Kurnia, Chef Blue Band mengungkapkan, “Menu resep sehat yang kami berikan selain fokus terhadap pemenuhan gizi lengkap harian keluarga Indonesia, kami juga berbagi resep dengan bahan dasar yang mudah didapatkan, sederhana pembuatannya sehingga tidak sulit untuk diikuti oleh Ibu-ibu di rumah. Dari resep ini pun Ibu dapat mengganti dengan beragam pilihan daging atau sayuran sebagai kombinasi menu harian. Resep ini juga dapat dijadikan pilihan menu makan sahur dan makan malam keluarga Indonesia selama bulan Ramadan.”

Asyiknya lagi Moms, selama bulan Ramadan, Blue Band juga berbagi inspirasi resep masakan melalui Instagram Live Blue Band Kitchen Master bersama Chef Yongki Gunawan yang dapat disaksikan di akun Instagram @blueband_id setiap hari Selasa dan Jumat pukul 14.00 WIB. Nonton, yuk! (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik, Blue Band)



Tags: nutrisi,   blue band,   kesehatan,   puasa,   margarin,   plant-based,   vitamin










Cover April 2020