Mother&Baby Indonesia
Kesalahan Postur Tubuh yang Umum dan Cara Mengatasinya

Kesalahan Postur Tubuh yang Umum dan Cara Mengatasinya

Bila berbicara tentang kesehatan, tak hanya soal nutrisi yang perlu dijaga, namun menjaga postur tubuh juga tak kalah pentingnya, misalnya saat duduk atau sedang berdiri. Biasanya saat Anda merasakan sakit pada leher, atau nyeri pada punggung, barulah Anda berpikir betapa pentingnya menjaga postur tubuh.

Menurut Dr. Neil Stakes, seorang chiropractor di klinik Back II Life, Singapura, postur tubuh yang buruk terjadi karena tubuh gagal untuk menyesuaikan posisi yang diambil untuk waktu yang lama. Bila Anda memiliki kebiasaan melakukan suatu hal dengan postur yang buruk, ini harus segera diatasi agar tidak berkembang menjadi masalah yang lebih besar, seperti radang sendi, degenerasi tulang belakang dan sendi, serta kehilangan mobilitas.



Nah, berikut beberapa kesalahan postur tubuh yang umum dilakukan dan cara mengatasinya, Moms.

1. Duduk dengan posisi bungkuk

Mungkin Anda merasa nyaman saat duduk dengan posisi membungkuk. Namun saat duduk membungkuk, tulang belakang Anda akan bergerak menjadi satu, meningkatkan ketegangan pada diskus atau cakram, sehingga membuat nyeri pada punggung bawah, risiko saraf terjepit, dan berpotensi terjadinya ketidaksejajaran tulang belakang. Belum lagi, paha belakang yang akan terasa kencang, serta otot perut dan gluteal yang melemah.

Cara mengatasinya: Saat duduk, pastikan tubuh Anda berada di tepi kursi, kemudian posisikan satu kaki berada di depan dan satu kaki berada di belakang, serta pastikan kaki Anda rata di lantai. Lutut Anda harus sejajar atau sedikit lebih rendah dari pinggul Anda. Kemudian untuk menjaga lekuk alami tulang belakang Anda, taruh bantal pada lengkungan punggung Anda.

2. Bersandar dengan satu kaki

Saat mengantre, tanpa sadar biasanya Anda akan memusatkan berat tubuh pada salah satu sisi tubuh, dengan bersandar menggunakan satu kaki. Menurut Dr. Stakes, hal ini dapat menyebabkan perubahan maladaptif pada tulang belakang dan otot-otot di sekitarnya, dan parahnya lagi, dapat berisiko mengidap skoliosis.

Ini terjadi karena Anda menempatkan tekanan berlebihan di satu sisi punggung dan pinggul Anda, sehingga menyebabkan kemiringan panggul karena otot yang lebih memanjang dan melemah di satu sisi, dan otot yang memendek dan kencang di sisi lainnya. Rasa nyeri pun dapat berkembang di daerah pinggul atau bokong, dan menjalar ke kaki, hingga akhirnya berisiko terjadinya skoliosis.

Cara mengatasinya: Anggap bahwa tubuh Anda adalah sebuah bangunan dan kaki Anda sebagai fondasinya. Maka saat Anda berdiri, distribusikan berat tubuh Anda secara seimbang yaitu 50/50.

3. Text neck

Ketika menggunakan ponsel atau gadget, Anda cenderung akan menekukkan kepala Anda ke depan mendekati ponsel atau gadget, melengkungkan pundak, dan akhirnya membungkuk. Kondisi ini disebut dengan text neck.



Padahal semakin Anda menekukkan kepala Anda ke depan mendekati ponsel, semakin Anda meningkatkan banyak tekanan pada tulang belakang. Kebiasaan ini pun akan menyebabkan ketegangan otot, saraf terjepit, dan sakit kepala, atau lebih buruknya mengalami herniated disc.

Cara mengatasinya: Perhatikan posisi kepala Anda saat sedang menggunakan perangkat selular atau gadget Anda. Jaga agar layar Anda berada setinggi mata agar leher Anda tidak tertekuk ke depan.

4. Bahu membungkuk

Kebiasaan membungkukkan bahu ini seharusnya mulai Anda kurangi, Moms. Pasalnya, ketika ruang antara humerus (tulang berbentuk bola di bahu Anda) dan tulang belikat berkurang, hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan otot dan radang sendi. Bahaya lainnya, Anda bisa mengalami frozen shoulder atau bahu terasa kaku, impingement, tendinitis, dan artritis degeneratif.

Cara mengatasinya: Biasakan untuk memutar-mutar bahu ke belakang dan ke bawah, serta menjaga posisi leher memanjang ke atas, dan posisi dagu masuk ke dalam.

5. Menaikkan bokong

Saat Anda berusaha melakukan segala hal yang bisa membuat bokong naik dan kencang, panggul Anda akan ditarik ke depan dan dimiringkan ke bawah. Anda memaksa memanjangkan pinggul dan membuat lengkungan pada punggung bawah Anda. Otot-otot di depan panggul dan paha Anda akan kencang, sementara otot gluteal dan perut serta paha belakang melemah. Semua ini akan membuat Anda merasakan nyeri pada punggung.

Cara mengatasinya: Usahakan untuk menjaga keselarasan tubuh Anda dan mempertahankan kelengkungan alami tulang belakang.

Selain mengatasi kesalahan postur tubuh dengan cara-cara di atas, Moms juga bisa melakukan gerakan-gerakan olahraga yang sesuai dengan kesalahan postur tubuh Anda. Moms bisa dengan mudah menemukan contoh-contoh gerakannya pada platform berbagi video seperti YouTube. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: postur tubuh,   cara duduk,   cara berdiri,   kesehatan










Cover April 2020