Mother&Baby Indonesia
Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Sesuai Mood Anda

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Sesuai Mood Anda

Moms, sudah mulai jenuh karena #DiRumahAja? Terjebak #DiRumahAja selama pandemi ini ternyata bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang, lho. Interaksi sosial yang terbatas di masa pandemi bisa menyebabkan perasaan suram muncul bahkan bagi seorang introvert atau orang yang lebih suka menghabiskan waktu di rumah sekalipun.

Belum lagi segala berita simpang siur seputar COVID-19 yang beredar yang tak jarang justru semakin membuat rasa cemas dan khawatir semakin meningkat. Kalau sudah begini, rasanya kita perlu melakukan aktivitas yang membuat diri ini setidaknya lebih tenang dan senang.

Salah satu aktivitas yang paling mudah untuk menjaga kewarasan kita selama pandemi berlangsung adalah dengan berolahraga. Hormon endorfin yang diproduksi selama berolahraga dapat memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia. Sehingga tak heran bila olahraga disebut sebagai sarana untuk melampiaskan emosi.



Nah, agar Anda lebih menikmati kegiatan olahraga selama masa pandemi ini, Anda bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan mood atau suasana hati Anda. Simak ya, Moms!

1. Malas atau lambat

Duduk di depan laptop dengan durasi cukup lama karena sibuk bekerja bisa membuat Anda merasa tidak produktif. Anda pun mungkin jadi malas melakukan hal-hal lain, apalagi untuk olahraga setelah bekerja. Bila Anda merasa malas atau lambat akibat lelah bekerja, Anda bisa melakukan stretching (peregangan) atau pilates.

Stretching berguna untuk 'membangunkan' otot-otot yang kaku, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda, dan membuat Anda merasa berenergi. Selain itu, peregangan juga bagus untuk menghilangkan sakit leher atau sakit punggung akibat duduk dengan posisi yang sama untuk periode waktu yang lama.

• Bila Anda ingin mencari keringat, Anda bisa melakukan latihan core atau otot inti Anda dengan pilates. Latihan mengencangkan otot inti ini dapat memperbaiki postur tubuh dan membantu Anda menjalani aktivitas harian serta kegiatan latihan Anda lebih efektif.

2. Cemas

Bila Anda tipe orang yang terbiasa bersosialisasi dan berkumpul dengan orang-orang yang Anda cintai, tentu berjauhan dengan keluarga atau teman menjadi hal yang cukup sulit dan tak jarang menimbulkan rasa cemas. Untuk mengatasi kecemasan ini, Anda bisa mencoba calming yoga, atau latihan sederhana yang berbasis kardio.

• Ada banyak rangkaian gerakan calming yoga yang tentunya membantu Anda untuk merasa lebih tenang, di antaranya cat cow, downward facing dog, warrior 1, dan masih banyak lagi.

• Latihan sederhana yang berbasis kardio ini sangat cocok bagi Anda yang lebih suka mencari keringat, sekaligus sebagai cara melepaskan hormon endorfin untuk menghilangkan rasa cemas Anda.

3. Tertekan

Berita seputar COVID-19 yang terus diperbarui tak jarang justru membuat Anda dipenuhi dengan pikiran negatif. Melihat meningkatnya jumlah kasus setiap hari sedangkan mungkin Anda berada jauh dengan orang-orang yang dicintai tentu melelahkan secara mental, sehingga membuat Anda tertekan. Agar Anda tetap semangat dan merasa gembira, Anda bisa memilih jenis olahraga seperti Happy yoga flow atau cute dance.



• Gerakan-gerakan Happy yoga flow bisa membangkitkan semangat sehingga mendorong Anda untuk bergerak dengan tujuan merasakan kegembiraan pada setiap gerakan.

• Tak harus selalu meniru video tutorial dance, Anda tentu bisa membuat koreografi cute dance versi Anda. Jangan lupa pilih lagu pop yang riang saat Anda melakukan gerakan-gerakan cute dance ini, ya.

4. Claustrophobia

Claustrophobia adalah ketakutan tidak beralasan pada ruang tertutup atau ruang sempit. Bila Anda penyuka aktivitas outdoor, orang yang aktif, dan tidak bisa diam, tentu tidak mudah bagi Anda berada #DiRumahAja dan tinggal dalam ruangan terbatas selama pandemi ini. Anda mungkin merasa tercekik dan gelisah karena terus berada di rumah. Namun kegelisahan Anda ini bisa diatasi dengan melakukan latihan dengan seperti Dance (menari) atau Kickboxing.

• Menari atau dance dengan melakukan gerakan yang cepat bisa membuat Anda bersemangat. Tak jarang Anda akan merasa seksi atau nakal dengan pilihan lagu yang membuat Anda semangat. Lagu Run The World dari Beyonce bisa menjadi pilihan Anda, Moms!

Kickboxing merupakan jenis olahraga yang ampuh membakar kalori sekaligus membuat seluruh tubuh Anda bergerak. Teknik pukulan dan tendangan pada kickboxing sekaligus menjadi cara untuk melampiaskan emosi.

5. Termotivasi

Bila Anda merasa termotivasi setelah melihat video serunya selebriti favorit Anda melakukan olahraga, tentu Anda juga akan bersemangat melakukan hal yang sama. Anda bisa memilih jenis olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) atau dikenal dengan latihan kardio intensitas tinggi, dan latihan resistensi.

• Latihan HIIT ini cepat dan efektif untuk membuat setiap bagian tubuh Anda bergerak.

• Latihan resistensi berguna untuk melatih daya tahan otot dengan menggunakan beban, atau resistance bands sehingga menghasilkan keringat. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: olahraga,   mood,   suasana hati,   kesehatan










Cover April 2020