Mother&Baby Indonesia
10 Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

10 Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Saat puasa, bibir kering dan pecah-pecah adalah hal yang sangat umum dialami. Tidak perlu khawatir berlebih, Moms, karena ini adalah hal yang normal terjadi, kok. Bibir kering merupakan salah satu tanda dehidrasi, yang wajar dialami ketika sedang berpuasa selama 13 jam atau bahkan lebih.

Untuk mencegah dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama puasa, yuk ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini.

1. Penuhi Kebutuhan Air

Setiap hari tubuh membutuhkan setidaknya 8 gelas air, yang bisa dipenuhi tak hanya dengan minum air mineral, tetapi juga dari kuah sup dan buah-buahan berair. Maka penting untuk memenuhi kebutuhan air harian Anda, sejak berbuka hingga azan Subuh. Terapkan metode 2-4-2, yaitu 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sepanjang malam, dan 2 gelas saat sahur.



2. Rutin Gunakan Lip Scrub

Saat tubuh dehidrasi (seperti saat puasa), maka sel-sel kulit bibir pun bisa mati. Penumpukan sel kulit mati itulah yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Nah, untuk mengatasinya, Moms perlu mengeksfoliasi kulit bibir dengan cara yang aman, seperti menggunakan gula atau garam kasar sebagai scrub.

3. Oleskan Madu

Ini bisa menjadi cara paling aman untuk melembapkan kulit bibir. Mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur efektif melembutkan bibir lho, Moms, sehingga bibir pun bebas pecah-pecah saat Anda berpuasa.

4. Hindari Makanan Asin

Saat berbuka dan sahur, makanan asin yang digoreng dengan banyak minyak memang menggoda ya, Moms. Namun untuk menghindari bibir kering dan pecah-pecah, sebaik Anda tidak mengonsumsi makanan asin karena sifatnya yang mengikat cairan dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka risiko bibir kering dan pecah-pecah pun meningkat.

5. Pakai Lip Balm

Tak hanya saat berpuasa, saat Anda menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC pun bibir menjadi lebih mudah kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah dan mengatasi masalah bibir kering, Moms perlu rutin memakai lip balm yang mengandung vitamin E. Pilih lip balm yang tanpa pewarna dan zat iritan lain yang meningkatkan risiko iritasi pada bibir.

6. Stop Menjilat Bibir

Ketika kulit bibir mulai terasa kering, umumnya Moms akan membasahi bibir dengan menjilatnya. Padahal, cara ini justru membuat bibir menjadi semakin kering lho, Moms. Maka stop kebiasaan ini, ya. Jika bibir mulai terasa kering, lebih baik pakai lip balm saja.



7. Hindari SInar Matahari Langsung

Tak hanya kulit tubuh yang bisa kering jika terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, bibir juga bisa kering. Namun jika ada kegiatan yang mengharuskan Anda terpapar sinar matahari langsung, beri perlindungan ekstra dengan memakai lip balm yang mengandung SPF minimal 15.

8. Hindari Mentol

Produk kecantikan untuk bibir banyak yang menawarkan varian mentol yang memberikan sensasi dingin. Bagi Moms yang memiliki bibir mudah kering, varian mentol ini memang sangat menggoda. Padahal, kandungan mentol bisa membuat kulit bibir menjadi lebih kering, lho. Lebih baik pilih lipstik dengan kandungan vitamin E, macadamia oil, shea butter, atau almond oil. Semuanya baik untuk mencegah bibir kering.

9. Pasang Humidifer

Udara kering di sekitar Anda bisa membuat bibir semakin kering juga. Maka tidak ada salahnya berinvestasi membeli humidifier atau pelembap ruangan agar udara di sekitar Anda tidak kering, dan bibir pun ikut sehat.

10. Waspadai Isi Kamar Mandi

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan, namun bibir tetap kering, maka bisa jadi penyebabnya adalah sabun cuci muka atau pasta gigi Anda. Pilih pasta gigi yang tidak mengandung perasa sintetis karena bisa memicu reaksi alergi yang membuat bibir kering.

Sabun cuci muka juga bisa membuat bibir kering, maka aplikasikan lip balm terlebih dahulu sebelum mencuci wajah, terutama jika sabun Anda mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bibir,   kesehatan,   kecantikan,   puasa